Dandim 0612/Tsm: BSMSS Digelar untuk Berikan Motivasi dan Stimulan Kepada Masyarakat

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

DEJABAR.ID, TASIKMALAYA – Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kabupaten Tasikmalaya Ta. 2019 resmi ditutup oleh Dandim 0612/Tsm, Letkol Inf Nur Ahmad. Penutupan tersebut digelar di Halaman SDN 2 Bugel Kampung Cijemit Desa Bugel Kecamatan Ciawi, Kamis (11/7/2019).

“Pelaksanaan BSMSS kali ini dimulai tanggal pada tanggal 19 Juni dan berakhir hari ini, Kamis 11 Juli 2019. Kegiatan ini melibatkan personil seluruhnya sebanyak 115 orang,” ungkap Dandim.

Dandim melanjutkan, salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan BSMSS yakni untuk memberikan motivasi sekaligus stimulant kepada masyarakat. “Melalui program BSMSS diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki,” tambahnya.

Kegiatan BSMSS ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya di wilayah Kodim 0612/Tasikmalaya. Menurut Dandim, kegiatan tersebut merupakan sarana untuk memupuk dan menumbuh kembangkan persatuan, solidaritas sosial, kekompakkan dan keterpaduan semangat bergotong-royong antara TNI, unsur Pemda dan warga masyarakat desa dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Terutama dalam upaya mengatasi masalah lingkungan. Mengingat masalah lingkungan saat ini semakin komplek dan membutuhkan perhatian semua elemen termasuk Prajurit Kodam III Siliwangi,” terangnya.

Adapun sasaran dari kegiatan tersebut yakni meliputi sasaran fisik seperti pengaspalan jalan Kampung Cijemit sepanjang 2000 m x 2,5 m, Rehab RTLH sebanyak 10 unit, Rehab MCK 1 unit dan Prestasi lebih pengaspalan jalan sepanjang 400 m.

Sedangkan sasaran non fisik yakni, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Sosialisasi Hukum dan aktif masyarakat, Penyuluhan Sosialisasi Narkoba, Penyuluhan Sosialisasi Keagamaan, Penyuluhan Sosialisasi KB Kesehatan, Penyuluhan sosialisasi Perikanan dan Peternakan, Penyuluhan sosialisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Penyuluhan Sosial dan Paham Radikalisme.

Untuk itu, pihaknya berterimakasih kepada segenap lapisan masyarakat dan pemerintah daerah yang telah mendukung dan membantu sepenuhnya program BSMSS tahun 2019 sehingga sukses digelar.

Sementara itu, Endin, Tokoh masyarakat Desa Bugel, mengatakan, Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Kabupaten Tasikmalaya Ta. 2019 ini merupakan suatu program kegiatan dari TNI dengan harapan mendapatkan keberkahan bagi masyarakat Kampung Cijemit, Desa Bugel.

Ditambahkan Kepala DPMDPAKB/Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kabupaten Tasikmalaya, H. EZ Alfian, mengungkapkan, kita patut bangga dan bersyukur, perjalanan serta dinamika program BSMSS di wilayah Kodim 0612/Tasikmalaya dari tahun ke tahun, semakin menunjukan hasil yang memuaskan.

“Serta manfaatnya banyak dirasakan oleh masyarakat dan sarana fisik telah dapat mendorong pembangunan kelurahan secara umu,” terangnya.

Terakhir ia berharap, program BSMSS pada tahun 2019 ini, dapat menghasilkan suatu yang bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya mempercepat proses pembangunan di daerah, khususnya di Desa Bugel.

“Program BSMSS tahun 2019 ini, merupakan suatu bentuk kegiatan bhakti Kodam III Siliwangi yang melibatkan lintas intansi dan masyarakat, dan sebagai wujud komitmen moral warga Siliwangi untuk membantu pemerintahan kabupaten dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (Ian)

Related Posts

Leave a Comment