Kabupaten Tasik Perlu Aturan Larangan Merokok di Tempat Umum

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

DEJABAR.ID, TASIKMALAYA – Kabupaten Tasikmalaya saat ini sangat memerlukan regulasi peraturan mengenai larangan merokok di tempat umum.

Hal itu seperti yang diungkapkan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, dr. Faisal Soeparyanto kepada Dejabar.id usai melakukan sosialisasi kawasan tanpa rokok di salah satu hotel di Tasikmalaya, Selasa (18/06/2019).

Menurutnya, di lingkup pemerintahan kabupaten sendiri baru ada beberapa SKPD yang memiliki ruangan khusus untuk merokok, padahal kegiatan merokok bisa mengganggu kesehatan.

“Kita lagi menunggu regulasi perda tentang larangan merokok ditempat umum. Atau setidaknya ada ruangan yang disediakan untuk merokomerokok. Di lingkungan Pemda baru ada sekitar dua SKPD yang memiliki ruangan khusus,” terangnya.

Ia melanjutkan, rokok merupakan salah satu penyumbang penyakit tidak menular yang juga bisa membuat kematian orang. Selain itu, penyakit tidak menular juga menyebabkan biaya kesehatan mahal karena jenis penyakitnya memah termasuk penyakit mahal.

“Seperti TBC, Paru-paru dan juga gagal jantung yang merupakan penyakit tidak menular yang bisa menjangkiti siapa saja, salah satu penyebabnya ya dari rokok itu,” tambahnya.

Terakhir ia mengimbau agar para perokok aktif untuk menghargai para perokok pasif. “Ya, setidaknya jika merokok bisa mencari tempat yang khusus untuk merokok,” pungkasnya.(Ian)

Related posts

Leave a Comment