Memukau,  Ribuan Guru TK Majalengka Terampil Mainkan Angklung

Bagikan berita ini
  • 109
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    109
    Shares

DEJABAR.ID, MAJALENGKA-Ribuan guru Taman Kanak-Kanak (TK) Kabupaten Majalengka membunyikan angklung secera serentak dengan membawakan dua buah lagu berjudul ‘Mojang Priangan’ dan ‘Surat Cinta untuk Starla’.

Mereka memainkannya pada saat acara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 PGRI tingkat Kabupaten Majalengka, di Lapangan Alun-alun Majalengka, Selasa (27/11/2018).

Di hadapan Bupati Majalengka, Karna Sobahi dan tamu undangan lainnya serta di hadapan para peserta upacara HGN dan PGRI tersebut, permainan mereka pun tampak kompak dan memukau.

Suasana alun-alun Majalengka saat itu juga amat semarak dengan digemakannya ribuan angklung yang dimainkan sebayak 1.100 guru TK tersebut.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Majalengka, Nining Yuningsih mengatakan, dengan dibunyikannya angklung tersebut, selain untuk memeriahkan peringatan HGN dan HUT ke-73 PGRI tahun 2018, juga mengenalkan kepada generasi penerus agar tidak melupakan budaya angklung.

“Dengan dibunyikan angklung ini secara simbolis kami ingin menunjukkan bahwa di Majalengka, angklung masih eksis dan ini juga salah satu bentuk kepedulian para guru TK di Majalengka untuk terus mengembangkan angklung sebagai budaya Indonesia,” katanya.

Selain itu, angklung juga seringkali dikenalkan oleh guru TK kepada setiap anak didiknya di masing-masing sekolah. Hal itu, salah satu bukti upaya melestarikan dan mengembangkan musik angklung sebagai seni dan budaya tradisional Sunda.

“Kami harapakan kedepan, anak-anak muda bukan sekadar mengenal, melainkan mereka juga bisa memainkan angklung. Jadi angklung benar- benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tukasnya.(jja)

 

 

Related posts

Leave a Comment