Pabrik Pakan Ikan di Pangandaran Siap Produksi

Bagikan berita ini
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

DEJABAR.ID, PANGANDARAN-Bagi masyarakat di Kabupaten Pangandaran maupun dari luar Pangandaran kini tidak harus kerepotan lagi mencari Pakan untuk segala jenis ikan, Pasalnya, di Cikidang Babakan Kabupaten Pangandaran kini telah di bangun pabrik Pakan ikan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran, Rida Nirwana melalui Sekdis Wawan Kustaman mengatakan,  pabrik tersebut murni di bangun oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

“Pabrik pakan ikan yang berada di Cikidang Babakan tersebut berdiri di atas tanah seluas 300 meter persegi, semula keberadaan pabrik tersebut untuk mendukung kebutuhan kantong jaring apung (KJA) Of Shere yang di resmikan oleh Presiden Jokowi yang di dampingi oleh Mentri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tahun 2018 lalu,” ujar Wawan kepada Dejabar.id, Rabu (9/01/2019).

Saat ini, kata Wawan, pembangunan pabrik tersebut sudah selesai serta tidak lama lagi siap di operasikan alias siap untuk memproduksi pakan ikan.

“Ke depannya hasil pengolahan pakan ikan yang di buat di pabrik Cikidang tersebut tidak hanya untuk KJA saja tetapi juga di jual ke masyarakat luas yang membutuhkannya,”terangnya.

Menurut dia,dari hasil tes produksi pakan ikan di pabrik tersebut mampu menghasilkan pakan sebanyak 1.5 ton dalam waktu  1 jam.

“Ini sangat luar biasa dengan hasil tes tersebut di pastikan hasil pakan yang di buat di pastikan di lempar ke pasaran bukan hanya menutupi kebutuhan pasar di Pangandaran saja melainkan di seluruh Indonesia pun bisa terpenuhi,” papar Wawan.

Sementara itu, kata Wawan, sampai saat ini keberadaan pabrik pakan ikan tersebut masih dalam kajian dan belum ada siapa penanggungjawab pengelolaannya baik dari segi manajemen pegawai atau yang lainnya.

“Hal tersebut masih menunggu keputusan dari Ibu Mentri Susi Pudjiastuti, semoga saja pabrik pakan ikan yang ada di Pangandaran cepat memproduksi pakan menginggat akhir-akhir ini khususnya di Pangandaran tidak sedikit warga yang beternak ikan baik jenis ikan tawar ataupun ikan laut,” ucapnya.

“Jika pabrik sudah beroperasi memproduksi pakan kita warga Pangandaran tidak harus jauh-jauh mencari pakan ikan dan dipastikan lebih ekonomis dalam pembiayaan,” tambahnya.

Wawan menambahkan, selama ini kebutuhan pakan ikan khususnya di Kabupaten Pangandaran masih di drop dari pabrik pakan ikan yang berada di surabaya jawa timur.

“Nanti mah pakan ikan tidak harus menunggu kiriman dari mana pun termasuk Jawa Timur karena dikita punya pabrik sendiri,”tutupnya. (dry)

 

Related posts

Leave a Comment