Keren! Festival Sisingaan Pukau Ribuan Warga Subang


DEJABAR.ID, SUBANG – Warga Subang terlihat sangat antusias menyaksikan festival Sisingaan yang berlangsung dilapangan sepakbola Pormas Kelurahan Sukamelang Kabupaten Subang, Minggu pagi (9/12/2018).
Plt.Bupati Subang, Ating Rusnatim, menyambut baik gelaran Festival Sisingaan sebagai bagian dari melestarikan seni budaya
“Ini membanggakan kami dengan adanya festival gotong sisingaan sangat meriah dan perlu dipertahankan, jangan sampai orang Subang malah mengundang seni dari daerah lain bila hajatan, “ kata Ating didampingi Lurah Sukamelang, Ika Koswara.
Sementara itu, Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Kemenpar, Hariyanto, pihaknya menggelar festival ini penghargaan hasil daya cipta dan karya besar para seniman Subang jaman dahulu, ternyata bisa bertahan hingga sekarang, bahkan terus berkembang dengan pesat. Sebab, seni ini lahir sebagai simbol perlawanan terhadap kolonialisme Inggris yang membonceng kepada Belanda dan menguasai seluruh wilayah perkebunan di Kabupaten Subang pada zaman prakemerdekaan.
“Kita akan terus pertahankan pergeleran Sisingaan ini untuk mendongkrat dan memikat serta menghibur wisatwan lokal maupun mancanegara. Sebab, tidak hanya di Subang, event tingkat nasional dan luar negeri pun kerap ditampilkan kesenian local, termasuk sisingaan,“ ungkapnya.
Apalagi perkembangannya banyak didorong sarjana seni sehingga semakin kreatifnya dan menarik. Sebagaimana yang ditampilkan oleh 10 rombongan kesenian sisingaan di festival ini.
Sebanyak 10 rombongan kesenian Sisingaan, serta 2 grup Seni Badingkut dan Pumala ikut ambil bagian dalam festival ini. Rombongan grup Bonang, Budaya Mekar, Wargi Mekar, Tresna Wangi, Putra Saluyu yang tergabung dalam Grup Singa Kaler. Kemudian Mekar Budaya, Setia Wargi 8, Sinar Wangi Pajajaran, Putra Jaya, Mekar Jaya tergabung dalam Grup Singa Kidul.
Festival dipandu Pemerhati dan Pratisi Seni Budaya dari ISBI Bandung, Nanu Munajar semakin menarik karena banyak atraksi. Ada pertunjukan Kemprung Tarung yang meliputi Arang-arang (Ancang- ancang) bubuka, Kidung Sari Panggung, Rancagan, Solor Gondang, Jaipong Trondol, Kosong- kosong, dan Jeblagan. Atraksi Wisata Seni Pumala dan Badingkut, juga Atraksi Wisata Budaya Kemprung Tarung Sisingaan.
Sebelumnya Budayawan Nasional yang juga Ketua Masyarakat Sadar Pariwisata Pusat, Maman Imanulhaq memberikan tausiah budaya pariwisata , serta membukan resmi festival sisingaan yang berlangsung sehari.(Ahy)