361 Mesjid dan Lembaga Keagamaan di Pangandaran Terima Dana Hibah


0
11 shares

Dejabar.id, Pangandaran – Pemerintah Kabupaten Pangandaran tahun ini menyalurkan dana hibah  sebesar Rp 8 miliar untuk 361 mesjid dan lembaga keagamaan yang ada di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Dana tersebut bersumber dari APBD 2019 yang disalurkan melalui Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Pangandaran.

Kabag Kesra Kabupaten Pangandaran, Agus Amsar menyampaikan, bahwa anggaran dana hibah tahun 2019 yang bersumber dari APBD Kabupaten untuk mesjid dan lembaga keagamaan teralokasikan senilai Rp8 miliar.

“Anggaran tersebut disalurkan langsung ke Rekening mesjid atau lembaga keagamaan yang sudah di survey oleh tim dilapangan,”ujarnya kepada dejabar.id. Kamis (07/11/19).

Agus mengatakan, dari daftaran yang berjumlah 361 penerima hibah baik mesjid atau lembaga keagamaan sudah terealisasi sebanyak 293 penerima.

“Formulasi bantuan dana hibah saat ini sebagian besar untuk mesjid. Untuk Pondok Pesantren hanya ada 2 lembaga dan DTA hanya 1 lembaga,”katanya. 

Besaran dana hibah yang disalurkan, kata Agus, mulai dari nilai Rp5 juta hingga Rp200 juta.

“Penerima dana hibah yang telah disalurkan merupakan ajuan dari tahun 2018 dan dilakukan verifikasi ulang pada bulan April 2018,”ungkap Agus.

Agus menjelaskan, bantuan dana hibah yang disalurkan ke mesjid dan lembaga keagamaan agar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengelola dan bermanfaat bagi umat.

“Amanat Pak Bupati sebelum pencairan menyampaikan kepada penerima bantuan hibah untuk bisa digunakan baik pembangunan dan rehab mesjid dan lembaga keagamaan,”jelasnya. 

Selain itu, Agus juga menegaskan, bahwa pak Bupati tidak mengharapkan adanya penyalahgunaan anggaran yang sudah disalurkan.

“Jangan sampai ada pungutan liar kepada penerima dana hibah, dan biasanya pelaku pungutan liar dilapangan mengatasnamakan institusi, jika ada kejadian seperti itu dipastikan itu yang melakukan adalah oknum yang tidak bertanggungjawab,”tandasnya. 

Berdasarkan penelusuran dejabar.id, salah satu masjid penerima bantuan hibah di Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran senilai Rp 40 juta dikabarkan telah di sunat sebesar Rp 15 juta oleh salah satu oknum wakil rakyat. (dry) 


Like it? Share with your friends!

0
11 shares

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format