Argentina Juara Piala Dunia 2022, Menang Adu Penalti Lawan Prancis


Dejabar.id – Argentina berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis lewat adu tendangan penalti di Lusail Iconic Stadium pada Ahad, 18 Desember 2022. Kedua tim bermain imbang dengan skor 3-3 hingga babak perpanjangan waktu atau 120 menit pertandingan.

Argentina menang 4-2 atas Prancis pada babak adu penalti. Kemenangan La Albiceleste ini sekaligus mengakhiri penantian 36 tahun meraih kembali trofi Piala Dunia.

Pada babak adu penalti, keempat penendang Argentina berhasil menunaikan tugasnya. Mereka adalah Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel. Di kubu Prancis, hanya Kylian Mbappe dan Randal Kolo Muani yang berhasil, sedangkan Kingley Coman, Aurelien Tchouamen gagal.

Jalannya Pertandingan

Argentina unggul terlebih dahulu pada babak pertama lewat gol penalti Lionel Messi dan sontekan Angel Di Maria. Namun, Kylian Mbappe berhasil memperpanjang napas Les Bleus lewat dua gol pada menit ke-79 dan ke-82. Tak ada gol hingga babak kedua berakhir.

Pada babak perpanjangan waktu, Argentina kehilangan sentuhan lantaran akurasi umpan yang menurun. Ini membuat pelatih Scaloni melakukan sejumlah pergantian untuk penyegaran di lini tengah dan lini depan La Albiceleste. Leandro Paredes menggantikan Rodrigo De Paul dan Lautaro Martinez menggantikan Julian Alvarez.

Perubahan Scaloni membuat Argentina kembali menguasai pertandingan. Pada menit ke-105, Martinez memiliki peluang mencetak gol setelah menerima umpan lambung dari Enzo Fernandez, tetapi tendangannya masih mampu diblok pemain bertahan Prancis. Skor 2-2 bertahan pada babak kedua masa perpanjangan waktu.

Pada babak kedua extra time, Argentina kembali tampil menekan untuk meredam para pemain cepat Prancis. Pada menit ke-108, Messi melewati sejumlah pemain bertahan Prancis untuk melepaskan tendangan ke arah sudut kanan bawah gawang. Namun, Lloris mapu melakukan penyelamatan.

Usaha Tim Tango berbuah hasil. Lionel Messi berhasil memanfaatkan bola pantul tendangan Martinez pada menit ke-109. Tendangannya masih bisa diblok pemain bertahan Prancis, tetapi wasit memutuskan bahwa bola telah melewati garis gawang. Skor 3-2 untuk Argentina.

Memimpin satu gol, Argentina justru kembali tertekan. Prancis mendapatkan momentum pada menit ke-116 setelah Gonzalo Montiel menyentuh bola di dalam kotak penalti saat berusaha menahan tendangan Mbappe. Menjadi eksekutor, Mbappe berhasil mencetak gol ketiganya di pertandingan ini. Skor 3-3. []


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format