Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019, Pemudik Naik 10% di Terminal Harjamukti Kota Cirebon


DEJABAR.ID, CIREBON – Terminal Tipe A Harjamukti Kota Cirebon mencatat, selama arus mudik dan balik dari H-10 hingga H+4 hari Minggu kemarin, terjadi peningkatan jumlah pemudik sekitar 10%, dibandingkan tahun lalu.
Menurut Kepala Terminal Harjamukti, Edi Kurniadi, jumlah pemudik dari H-10 hingga H+4 berjumlah sekitar 7000 orang, yang berangkat menggunakan sekitar 250 bus. Kebanyakan mereka mudik ke daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
“Tahun ini sekitar 7000 orang penumpang, dengan kenaikan 10%,” jelasnya, Senin (10/6/2019).
Edi menjelaskan, lonjakan penumpang pada lebaran tahun ini dikarenakan adanya kebijakan dari pemerintah perihal libur panjang secara bersamaan. Apalagi, Cirebon adalah salah satu kota tujuan.
“Jadi pada saat sebelum lebaran, aktivitas angkutan mudik masih normal. Namun setelah lebaran ada peningkatan di H+4 kemarin, tapi semuanya dapat terlayani,” jelasnya.
Tak hanya itu, lanjutnya, adanya mudik gratis yang digelar di beberapa lokasi dan instansi turut mempengaruhi jumlah penumpang.
“Karena jika tidak ada mudik gratis, kemungkinan pemudik akan lebih membludak lagi di Terminal Harjamukti,” pungkasnya.(Jfr)