Butuh Keahlian Khusus, Inilah Beberapa Fakta Menarik Tentang Barista


DEJABAR.ID – Sejak maraknya kedai-kedai-kedai dan kafe-kafe kopi. Pekerjaan barista kopi pun mulai banyak dilirik oleh para generasi muda yang ingin berkecimpung dalam dunia kopi. Bahkan, tak sedikit yang menganggap jika pekerjaan barista kopi adalah profesi yang bisa bikin pelanggan kagum.

Pekerjaan barista memang sekilas terlihat mudah, namun rupanya butuh keahlian khusus untuk bisa menjadi seorang barista profesional. Tak tanggung-tanggung, dihadirkan pula kelas khusus untuk para calon barista yang ingin menguasai beberapa teknik meracik kopi.

Mungkin ini adalah kali pertama kamu mengetahui fakta barista kopi. Namun, masih ada fakta lainnya tentang barista kopi yang bisa bikin kamu takjub dengan profesi peracik kopi itu. Inilah beberapa fakta tentang barista kopi!

1. Barista Kopi Adalah Orang yang Ahli Meracik Kopi

Tak sekadar membuat secangkir kopi hangat, semua teknik yang sudah dipelajari oleh para barista kopi tentu akan membuat hasil racikan kopinya berbeda dengan orang amatiran. Ya, bahkan mereka pun bisa membuat kopi di luar ekspektasimu.

Mintalah kepada mereka untuk membuat kopi terbaik, maka kamu akan mendapatkan minuman kopi yang berkualitas.

2. Tidak Ada yang Tahu Profesi Barista Kopi pada 30 Tahun Lalu

Menarik jika mengetahui saat ini ada ribuan kedai kopi yang tersebar di seluruh dunia. Namun rupanya, profesi barista kopi belum eksis pada tahun 1980-an. Budaya minum kopi dengan gelas cup sendiri baru populer di Amerika pada tahun 1982.

3. Barista Kopi Adalah Lulusan Perguruan Tinggi

Mungkin tak sedikit dari kalian yang menyepelekan pekerjaan barista kopi dan menganggap siapa saja, bahkan orang pemalas saja bisa menjadi seorang barista kopi. Jika kamu berpikir seperti itu, maka kamu salah besar.

Karena ternyata, mereka yang berprofesi sebagai barista kopi adalah lulusan dari perguruan tinggi yang memang ingin menggeluti dunia kopi dan tentunya menjadi barista kopi yang andal.

3. Butuh Waktu Lama untuk Ahli Membuat Latte Art

Hampir semua barista kopi mampu membuat latte art yang cantik. Menuangkan susu ke dalam secangkir kopi espresso hangat dengan teknik khusus tentu bukanlah hal yang mudah.

Karena pasalnya butuh waktu sekitar empat bulan untuk mempelajari teknik membuat latte art yang sempurna. Dan dalam kurun waktu tersebut, para barista kopi dituntut untuk banyak latihan agar waktu empat bulan tidak terbuang percuma.

4. Barista Bisa Membuat Kopi Sesuai Keinginan Pelanggan

Seorang barista kopi akan memberikan minuman yang kamu inginkan. Tak perlu banyak menyuruh hal yang sebenarnya telah umum diketahui oleh barisa kopi, karena mereka pun sudah mengusai semua hal tersebut. Jadi, kamu hanya tinggal duduk manis sambil menunggu pesanan kopimu selesai dibuat.

5. Setiap Barista Kopi Memiliki Teknik Meracik Kopi yang Berbeda

Sama saja dengan seorang juru masak, setiap barista kopi juga memiliki teknik yang berbeda dalam meracik sebuah kopi. Bisa jadi, rasa kopi yang kamu minum di kafe A akan berbeda dengan rasa kopi yang kamu cicipi di kafe B. Padahal, menu kopi yang kamu pesan serta kedai kopi yang kamu datangi adalah sama.

6. Barista Kopi Lebih Suka Memanaskan Kopi dengan Bantuan Alat Khusus

Dalam pembuatan latte, susu akan terlebih dahulu dipanaskan hingga suhu mencapai 50-55°C. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memanaskan susu, salah satunya dengan microwave.

Namun, dibandingkan dengan menggunakan microwave, para barista kopi akan memilih alat steamer wand yang ada pada ujung mesin espresso, karena akan menghasilkan tekstur susu yang lebih kental, berkilau dan terasa agak manis.

7. Beberapa Barista Kopi Pernah Mengikuti Pelatihan di Sekolah Khusus Barista

Sebelum mengikuti kompetisi, umumnya banyak barista kopi yang terlebih dahulu mengikuti pelatihan kelas kopi di sekolah khusus barista. Biasanya setiap barista harus mengikuti program keseluruhan selama enam bulan.

Kelas kopi ini meliputi teknik memilih biji kopi yang baik, menggilingnya, dan kemudian menyajikannya menjadi sebuah kopi yang nikmat. Sekolah khusus ini juga sering diikuti oleh mereka yang ingin merintis kedai kopinya sendiri atau bahkan jadi pengusaha kopi.

8. Tidak Semua ‘Bahasa Kopi’ Itu Universal

Bagi para penikmat Starbucks tentu sudah hafal dengan menu, serta tiga jenis gelas cup yang disediakan oleh gerai kopi terbesar dunia itu, mulai dari tall, grande dan venti. Namun, setiap kedai kopi tentu memiliki menu dan nama ukuran gelas yang berbeda.