Dadang Rahmat Hidayat Kembali Terpilih Menjadi Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)


JAKARTA, Dejabar.id – Dekan Fikom Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr Dadang Rahmat Hidayat kembali terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) pada Musyawarah Nasional ISKI 2021 di Jakarta, Rabu (8/12/2021). Dadang terpilih memimpin ISKI untuk kedua kalinya. Munas kali ini dilakukan secara hibrid, pemungutan suara diikuti oleh perwakilan daerah se-Indonesia secara hibrid.

Dalam pemilihan ini, Dadang memperoleh 41 suara dari 61 suara yang dianggap sah. Angka tersebut membuatnya memperoleh suara terbanyak dibanding kandidat ketua lainya, yakni Ade Kadarisman, Nugroho Agung Prasetyo, dan Rachman Salihul Hadi.

Proses pemilihan dilakukan hingga pukul 23.00 malam. Dadang pun terpilih untuk mengemban amanat sebagai Ketua Umum ISKI untuk period 2021 s.d 2024.
Mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) ini mengatakan, akan terus mendorong upaya internasionalisasi kelembagaan dan sertifikasi profesi.
“Selain juga tetap memperkuat sinergi dan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat wilayah, sehingga kiprah ISKI terutama dalam ikut menyumbang pemikiran terkait persoalan komunikasi di tanah air semakin nyata,” ungkap Dadang.

Ia menegaskan internasionalisasi kelembagaan ISKI menjadi keniscayaan selaras perkembangan bidang keilmuan komunikasi mutakhir.
“Upaya lain yang juga penting adalah pemetaan para sarjana komunikasi Indonesia di tingkat regional dan nasional. Kemudian, mendorong peningkatan sinergi para sarjana komunikasi di seluruh Indonesia. Diharapkan, ISKI kian memberi kontribusi pemikiran dan rekomendasi bagi para pengambil kebijakan dalam kaitan masalah sosial kemasyarakatan terkait komunikasi,” kata Dadang.

Dadang Rahmat atau kerap disapa DRH sejak muda dikenal aktif berkiprah di beragam organisasi. Dekan Fikom Unpad untuk periode kedua ini dikenal luas sejak berkecimpung di Komisi Penyiaran Indonesia dari provinsi hingga nasional.

Tahun 2004-2010, ia terpilih menjadi Ketua KPID Jawa Barat dan Ketua KPI Pusat tahun 2010-2012. Hingga kini, DRH kerap diundang sebagai narasumber dalam acara talkshow di radio ataupun stasiun televisi, terutama yang topiknya sejalan dengan kompetensinya di bidang hukum, penyiaran, media, dan komunikasi secara umum.

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia adalah sebuah organisasi yang didirikan pada 12 Oktober 1983, dengan visi “Mengupayakan Terwujudnya sinergi sarjana komunikasi seluruh Indonesia dengan semangat kemitraan di tingkat regional dan nasional sehingga dapat meningkatkan peran serta pada pengembangan bidang komunikasi dan kontribusi yang lebih besar terhadap bangsa dan masyarakat,” pungkasnya. (Red)