Daop 3 Cirebon Rebranding Tiga Kereta Api Menjadi Argo Cheribon

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id, Cirebon – PT KAI Daop 3 Cirebon merebranding tiga kereta api, yakni KA Argo Jati, KA Cirebon Ekspres, dan KA Tegal Bahari, menjadi Argo Cheribon. Peluncuran rebranding KA baru tersebut dilakukan di Stasiun Cirebon, Jumat (16/8/2019).

Argo Cheribon akan melayani pengguna jasa untuk relasi Cirebon-Gambir (PP) dan Tegal–Cirebon-Gambir (PP) dalam satu hari sebanyak 16 perjalanan, dengan 14 perjalanan reguler dan 2 perjalanan fakultatif menggunakan rangkaian New Image yang sama di seluruh perjalanannya terdiri atas 5 kereta kelas Eksekutif dan 4 kereta kelas Ekonomi New Image.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Kuswardoyo, rebranding KA ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan bagi penguna jasa KA, dengan menghadirkan single service pada KA Argo Cheribon tersebut dan memberikan pilihan waktu perjalanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa KA.

“Jadi pengguna jasa kereta api bisa memilih waktu keberangkatannya saja,” jelasnya.

Kuswardoyo menjelaskan, penggunaan nama Argo Cheribon pada rebranding nama kereta api ini merujuk pada nama “Stasiun Cheribon” saat pertama kali diresmikan tahun 1912, yang menjadi awal keberadaan perkeretaapian di Kota Cirebon. Penggunaan nama stasiun Cheribon pada nama KA ini juga merupakan bukti bahwa KAI sangat peduli untuk mengenalkan sejarah kepada masyarakat terutama generasi penerus bangsa.

“Hingga kini bangunan stasiun sebagai bangunan warisan sejarah tetap dirawat, dijaga dan dipertahankan keasliannya. Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus melindungi keberadaan warisan sejarah perkeretapiaan yang ada,” tuturnya.

Adapun untuk jumlah seat, lanjutnya, akan ditingkatkan kapasitasnya, dari sebelumnya 7.200 tempat duduk menjadi 7.980 tempat duduk perhari. Peningkatan kapasitas angkutnya lebih dari 10% setiap hari, atau dalam setahun, kapasitasnya angkutnya bisa melayani 2,9 juta penumpang, meningkat dari sebelumnya hanya 2,6 juta penumpang.

Tiket perjalanan KA Argo Cheribon, lanjutnya, dijual mulai harga Rp 115 ribu. Bahkan untuk perjalanan KA Argo Cheribon (KA 61A) yang berangkat dari Stasiun Cirebon pada pukul 07.25 WIB, diberikan tarif spesial dengan harga Rp 99 ribu untuk kelas ekonomi, dan Rp 150 ribu untuk kelas eksekutif pada keberangkatan tanggal 16 Agustus 2019.(Jfr)

Related posts

Leave a Comment