Dapat 500 Sertifikat Tanah Gratis, Warga Blanakan Subang Ucapkan Terima Kasih "Pak Jokowi"


DEJABAR.ID, SUBANG – Presiden RI Joko Widodo melalui tim pendaftaran tanah sistem matis lengkap (PTSL) BPN Kabupaten Subang membagikan sedikitnya 500 sertifikat tanah kepada para pemilik tanah di Balai Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan, Subang, Kamis sore (21/2/2019).
Tim PTSL BPN Kabupaten Subang Qomar mengatakan, pihak BPN Subang telah memberikan sertifikat tanah kepada masyarakat Kabupaten Subang sejak tahun 2018.
“Dan hari ini kita juga telah memberikan sebanyak 500 sertifikat gratis kepada warga Desa Blanakan, Kecamtan Blanakakan, Subang,” kata Qomar.
Pembagian sertifikat itu merupakan bagian dari kunjungan kerja Presiden ke Subang, pada Rabu (6/6/2018) yang lalu, sebanyak 5.000 sertifikat diserahkan untuk para pemilik tanah yang berasal dari Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Subang.
Pemerintah sendiri telah menargetkan 1,2 juta sertifikat. Data Badan Pertanahan Nasional menyebut selama 2017 terdapat 2.168 sengketa tanah yang tercatat.
“Oleh karenanya, percepatan penerbitan sertifikat ini diharapkan dapat mengurangi terjadinya sengketa-sengketa tersebut,” katanya.
Menurutnya, diharapkan empat tahun mendatang, seluruh masyarakat di Jawa Barat telah memegang tanda bukti atas tanah yang mereka miliki.
“Dan kita harus dikerjakan cepat, agar tidak ada lagi sengketa tanah dan saya perintahkan ini harus dipercepat, dan Alhamdulillah, sekarang produksi sertifikat cepat sekali,” ujar Qomar.
Sementara itu, salah seorang warga Desa Blanakan Suprato menjekaskan, selama kurang lebih 12 tahun menempati rumah tinggalnya, baru pada 2018, dan berkesempatan untuk memperoleh sertifikat hak atas tanah yang dia tempati.
Dirinya mengakui bahwa proses pengurusan yang kini jauh lebih cepat merupakan perbedaan yang paling dirasakannya saat ini. Kurang dari dua bulan sertifikat sudah selesai dan dari segi waktu lebih cepat, proses menunggu tidak lama.
“Kami masyarakat Kecamatan Blanakan merasa tenang karena membuat sertifikat itu butuh waktu yang lama, dengan prosesnya yang panjang, tapi dengan program ini jadi luar biasa bagus sekali,” kata Suprato.
Suprato sangat mengapresiasi kemudahan membuat sertifikat tanah diera kepemimpinan Presiden Jokowi.
“Sekarang jadi lebih mudah. Terimakasih pak Jokowi,” katanya.(Ahy)