Di Hari Toilet Internasional, Toilet Raksasa Hiasi Taman Gore Park


DEJABAR.ID – Sebuah toilet duduk raksasa berwarna putih bertengger di Gore Park, Senin (19/11/2018). Toilet ini memiliki tinggi sekitar 15 kaki atau setara dengan 4,6 meter.
Seperti dilansir di laman Global News, kakus ini diletakkan di tengah taman memilih tujuan tertentu yang berkatian erat dengan Hari Toilet Sedunia. Menurut pemerintah kota Hamilton, kehadiran toilet merupakan bagian dari kampanye kesadaran masyarakat menjelang Hari Toilet Sedunia yang jatuh pada hari ini, Senin 19 November 2018.
Selain itu, ada faktanya ada sekira 1,8 miliar orang telah menggunakan sumber air minum yang kemungkinan telah terkontaminasi oleh kotoran. Dan ada lebih dari 840 ribu orang yang meninggal setiap tahun, karena penyakit yang berhubungan dengan air. Lalu, ada sekira 60 persen dari populasi di dunia tidak memiliki akses ke sanitasi yang aman atau bahkan tidak buang kotoran di toilet atau kakus.
Sedangkan untuk memperingati Hari Toilet Sedunia atau World Toilet Day 2018, kota Hamilton akan mengadakan acara di dekat Woodward Avenue Wastewater Treatment Plant, melibatkan 100 orang siswa, yang nantinya akan menyampaikan pada masyarakat akan pentingnya air bersih dan sanitasi.
Mengingat belum semua orang sadar pentingnya membuang kotoran di toilet atau kakus. Nantinya para siswa akan memuat acara semacam mereflesikan kehidupan sanitasi yang ada di negara-negara di dunia dengan pesan yang diharapkan menggugah semua orang agar menjaga kesehatan melalui sanitasi yang baik dan membuang kotorannya di toilet. (yga)