Di Momen Hari Ayah, Inilah 8 FIlm Bertema Ayah yang Paling Inspiratif

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dejabar.id – Di momen Hari Ayah Nasional ini, sudah sepantasnya kita mengenang kembali peran Ayah di dalam kehidupan sehari-hari, Mungkin, hampir semua anak pasti akan beranggapan, bahwa ayah merupakan sosok orang yang keras, kuat, tegas, galak, hingga cuek. Padahal di balik sikap keras dan galaknya seorang ayah tersembunyi sebuah kasih sayang yang jarang sekali dia ungkapkan melalui sebuah kata-kata.

Bahkan, semua hal akan dia lakukan untuk bisa membuat anaknya bisa tersenyum.

Dari beberapa film di bawah ini, kita bisa mengetahui dan menyadari. Bahwa sebenarnya kasih sayang seorang ayah sangatlah besar kepada anaknya. Bahkan tidak akan pernah ternilai oleh apa pun dan tidak bisa dibalas oleh apa pun.

Nah Dejabar.id akan menghimpun cuplikan-cuplikan film yang bertema Ayah. Berikut  5 film Indonesia yang menceritakan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya yang wajib banget kamu tonton.

1. Tampan Tailor (2013)

Film produksi Maxima Pictures ini secara mengejutkan hadir dan ngebuktiin bahwa studio tersebut bisa bikin film drama yang pantas dihargai. Digarap Guntur Soeharjanto, Tampan Tailor (2013) bercerita apa adanya, terlebih penggambaran karakter Topan yang ngasih sentuhan perjuangan sebuah keluarga yang enggak lengkap. Diperankan oleh Vino G. Bastian yang keluar dari zona amannya, aktingnya bisa ngeyakinin sebagai seorang ayah yang berjuang untuk anaknya.

Topan, seorang penjahit yang baru aja kehilangan segalanya: istrinya meninggal dan toko jahit yang harus terenggut. Satu-satunya harapan Topan adalah anaknya, Bintang. Demi sang anak, Topan berjuang untuk enggak kehilangan harapan dan bikin dia bertahan hidup. Karakter Topan dalam film ini ngasih tahu bahwa hidup yang selalu sama, suatu saat akan mendapatkan roda kebahagiaan.

2. Ayah Menyayangi Tanpa KAhir (2015)

Kisah Juna yang sedari muda udah memperjuangkan cintanya untuk bisa menikah dengan cewek impiannya ini patut ditiru semangatnya. Ketika berhasil menikah, keduanya dikaruniai anak bernama Mada yang saat itu juga harus kehilangan sang istri. Juna sekali lagi harus menghadapi cobaan berat ketika Mada terkena penyakit mematikan.

Juna yang diperankan oleh Fedi Nuril ini digambarkan sebagai karakter ayah yang harus banting tulang demi kesembuhan anaknya. Dia juga udah berusaha untuk jadi Ayah sekaligus Ibu sang anak. Sosok Juna kembali mengingatkan kita bahwa seorang ayah punya rasa sayang yang sama-sama kuat dari sang ibu. Meskipun,mereka sulit untuk mengungkapkannya.

4. Sabtu Bersama Bapak (2016)

etiap cowok memang diberikan kewajiban sebagai kepala rumah tangga untuk menghidupi keluarganya dan menyiapkan anak-anaknya jadi penerusnya. Hal ini jadi fokus utama film Sabtu Bersama Bapak (2016) tentang cinta dalam keluarga. Sosok Gunawan Garnida, diperankan apik oleh  Abimana Aryasatya sebagai sosok ayah yang menginspirasi anak-anaknya dengan segala pesan yang dipersiapkannya sebelum wafat.

Gunawan berhasil menampilkan cerita tentang seorang cowok yang mencari cinta dan tentang seorang cowok yang berusaha jadi ayah sempurna. Melalui Gunawan, film ini ngasih sentuhan yang menyadarkan lo betapa besarnya cinta seorang ayah, meski enggak ada di depan mata. Film ini pas banget ditonton buat lo yang udah jadi ayah dan calon ayah.

4. Cek Toko Sebelah (2017)

ilm Cek Toko Sebelah (2017) dianggap punya banyak pelajaran hidup, salah satunya antara hubungan orangtua dan anak. Sebuah toko kelontong yang dimiliki oleh Koh Afuk harus diwariskan kepada anaknya, Erwin. Sayangnya, Erwin memilih bekerja kantoran, padahal sang kakak, Yohan, justru pengin banget dapet kepercayaan jaga toko dari sang bokap.

5. A Man Called Ahok (2018)

Sosok Koh Afuk yang rapuh bakal mengingatkan kita bahwa seorang ayah, tuh, rela banting tulang dari pagi hingga malam bagi anak-anaknya dan enggak ngarepin apapun. Koh Afuk begitu bijaksana dalam bertutur kata, padahal hatinya kesal. Hal yang menunjukan bahwa sekesal-kesalnya ayah dengan anak, mereka enggak boleh meniru hal bodoh . Begitu juga, sekesal-kesalnya kita dengan ayah, kita enggak boleh kasar dengannya.

Kedermawanan itulah yang diajarkan Kim Nam kepada anak-anaknya. Kim Nam juga mengajarkan pentingnya integritas dan prinsip tentang hidup. Karakter Kim Nam berhasil jadi sosok yang punya integritas dan prinsip yang terkadang harus mengorbankan perasaan. Sosok Kim Nam dalam film A Man Called Ahok (2018) ini benar-benar pengen ngasih yang terbaik untuk keluarganya.

6. Miracle In Cell No. 7 (2013)

Nih, satu lagi film yang bikin mewek. Kali ini film asal Korea yang kisahkan tentang Lee Yong Goo yang begitu mencintai Ye Sung, putrinya. Suatu hari Lee Young terkena kasus pelik dan harus mendekam di penjara. Lee Yong dan Ye Sung akhirnya terpisah, namun para penghuni rutan bersimpati dan berupaya mempertemukan mereka.

7. Pursuit The Happines (2006)

Diangkat dari kisah nyata, film yang diperankan oleh Will Smith ini menceritakan tentang perjuangan Chris Gardner yang harus menjadi tunawisma bersama anaknya. Kisah inspiratif ini membuat hati penonton luluh dan menguras air mata dengan perjalanan Chris yang harus survive dari keadaannya. 

Mulai dari tidur di toilet umum hingga keterbatasan uang demi menghidupi anaknya membuat tangis kalian pasti pecah.

8. A Taxi Driver (2017)

Seorang pria bisa melakukan apa daja demi memenuhi kebutuhan anaknya. Begitu juga bagi Man Seob seorang supir taxi yang harus mencukupi kebutuhan anaknya dan membawanya mengambil tawaran reporter Jerman untuk mengantar ke daerah di Gwangju. Namun siapa sangka, Man Seob harus menghadapi berbagai hal yang tak terduga selama mengantar reporter tersebut. (red)

Related posts

Leave a Comment