Diguyur Hujan Deras Pondasi SD Negeri 2 Bagolo Amblas


DEJABAR.ID, PANGANDARAN-Akibat intensitas hujan yang masih tinggi di wilayah Pangandaran dan sekitarnya mengakibatkan sebuah Pondasi bangunan Sekolah Dasar Negri 2 Bagolo Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat amblas sedalam 2 meter, Rabu (5/12/2018).

Menurut keterangan, Kepala SD Negeri 2 Bagolo Yuyu mengatakan, bahwa amblasnya pondasi bangunan sekolah tersebut akibat resapan air hujan yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir ini.

“Selain itu juga tebing di samping sekolah juga rawan terjadi longsor,” ujarnya kepada dejabar.id saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/12/2018).

Yuyu mengaku pihaknya sudah melaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten serta ke pihak Pemerintahan Desa terkait amblasnya pondasi tersebut.

“Pondasi yang amblas langsung diberi tanda dengan tambang serta meja agar para siswa tidak mendekat karena bisa berbahaya. Selain itu, amblasnya pondasi bangunan terus melebar akibat resapan guyuran air hujan,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi, kata Yuyu, pihak Desa Bagolo berencana akan memberikan bantuan berupa batu untuk mengarug tanah yang amblas.

“Alhamdulillah pihak Desa akan memberikan bantuan batu,”ucapnya.

Selain pondasi amblas, Yuyu menyampaikan sebanyak 7 ruang kelas belajar juga mengalami kerusakan.

“Ia ada 7 ruang untuk KBM yang juga rusak dan itu juga sudah kami laporkan ke Disdik Kabupaten,”akunya.

Ditempat terpisah, Kasubag UPT Pendidikan Kecamatan Kalipucang, Yaya mengatakan bahwa sekolah-sekolah yang notabenenya rawan akan bencana seperti longsor agar tetap waspada.

“Kami telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah tersebut terutama sekolah yang ada di daerah pegunungan. Namun sejauh ini yang mengalami amblas hanya SDN 2 Bagolo dan itu pun sudah di sampaikan ke Dinas Kabupaten,” singkatnya.(dry)