Disbudparpora Subang Kembali Gelar Festival Sisingaan


DEJABAR.ID, SUBANG-Festival Sisingaan akan kembali digelar di Kabupaten Subang, Minggu (9/12/2018) mendatang. Festival Sisingaan 2018 bakal digelar mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB, di Lapangan Sepak Bola Pormas, Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang.
“Sebanyak 10 Rombongan kesenian Sisingaan, serta 2 grup Seni Badingkut dan Pumala ikut ambil bagian dalam festival ini,” kata Ugit Sugiana Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga.Kamis(6/12/2018)
Kesepuluh rombongan tersebut adalah Bonang grup, Budaya Mekar, Wargi Mekar, Tresna Wangi dan Putra Saluyu yang digabungkan dalam Grup Singa Kaler. Kemudian grup Mekar Budaya, Setia Wargi 8, Sinar Wangi Pajajaran, Putra Jaya dan Mekar Jaya digabungkan dalam Grup Singa Kidul.
5 grup Singa Kidul bersiap di Jalan Pramuka Sukamelang. Dan 5 grup Singa Kaler bersiap di Jalan Ujung Palabuan. Masing-masing grup akan bertemu di lapangan Pormas.
“Setelah bertemu, masing-masing grup Sisingaan Kidul dan Kaler membentuk formasi barisan pasukan. Di sanalah semua pertunjukan akan digelar,” katanya.
Sementara itu Plt Bupati Subang, Ating Rusnatim mengatakan Sisingaan telah menjadi kebanggaan, pemersatu, warga Subang.
“Selain menjadi pemersatu, festival ini juga menjadi kebanggaan. Sebab banyak sekali penampilan yang mencirikan keberagaman tapi tetap satu,” ujar Ating
Ating Rusnatim, sangat mendukung rencana festival Sisingaan ini. Apalagi Sisingaan merupakan seni tradisional khas kabupaten Subang yang perlu dilestarikan pada generasi muda.
“Dengan digelarnya event ini adalah salah satu bukti pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan Sisingaan sebagai atraksi seni pariwisata yang dapat mensejahterakan masyarakat. Alhamdulillah event besar ini didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata,” katanya.(Ahy)