Dukung Program ‘Sapa Warga’, Diskominfo Garut Latih Aparatur Kecamatan Hingga RW

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id, Garut – Guna mendukung Program Pemprov Jawa Barat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut akan mengadakan Pelatihan Aplikasi Sapa Warga bagi kurang lebih 418 orang yang terdiri dari 41 orang aparatur kecamatan, 119 orang pendamping lokal desa, 1 orang Dinas PMD, 8 orang relawan TIK dan 249 orang RW/desa.

Sekretaris Diskominfo, Diar Cahdiar Antadiredja, mengatakan, Pelatihan Sapa Warga di Kabupaten Garut akan dilaksanakan dalam 10 gelomban pelatihan, dengan target sasaran yang akan dilatih 418 orang.

“Hari ini (13/8/19), kami latih 40 orang, dari pendamping lokal desa di 3 kecamatan, perangkat kecamatan Tarogong Kaler, Tarogong Kidul dan Kecamatan Cilawu, perangkat desa dari 3 kecamatan dan perwakilan RW,” ujar Diar, usai membuka Gelombang I Pelatihan Aplikasi Sapa Warga, di Area 306 STTG.

Diar menuturkan, Sapa Warga merupakan salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam bentuk inovasi pelayanan publik yang responsif, integratif dan informatif dari Pemprov Jabar guna menampung aspirasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terutama warga Jabar.

“Perangkat TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) tersebut menjembatani komunikasi warga pada tingkatan Rukun Warga dengan Gubernur Jawa Barat agar warga dapat menyampaikan aspirasinya secara langsung,” ujar Diar.

Sementara itu, Rinda Cahyana, selaku Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Pusat Relawan TIK Indonesia yang turut hadir dalam pelatihan tersebut menyambut baik pelibatan Relawan TIK Indonesia dalam pelatihan tersebut.

Pria yang menjabat sebagai kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Sekolah Tinggi Teknologi Garut tersebut menjelaskan bahwa kampus dan Relawan TIK dapat membantu pelaksanaan program pemerintah sebagai bagian dari pelayanan sukarela atau pelaksanaan kewajiban pengabdian kepada masyarakat.

“Dalam penerapannya, Relawan TIK dapat membantu menyampaikan informasi dengan perangkat TIK, memasang perangkat TIK, dan melatih masyarakat agar dapat memanfaatkan perangkat TIK,” pungkasnya. (Ian)

Related posts

Leave a Comment