FPB Membantah Adanya Penggelapan Dana Kompensasi Batu Bara Pelabuhan Cirebon


0

Dejabar.id – Forum Panjunan Bersatu (FPB) Cirebon membantah adanya penggelapan dana kompensasi dari pengusaha batu bara di Pelabuhan Cirebon. Hal tersebut merupakan buntut dari adanya pelaporan yang dilakukan oleh sejumlah warga Pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon ke Polres Cirebon Kota pada Senin (15/6/2020) kemarin.

Menurut perwakilan warga yang melapor, Kasno Hardi Iwan, menegaskan bahwa laporannya ke Polres Cirebon Kota sudah dilakukan sejak Februari 2020, namun hingga Juni 2020 belum juga ada perkembangan yang berarti.

“Sudah sekitar 4 bulan berjalan belum menunjukkan ada keseriusan dalam penanganan kasus ini,” jelasnya.

Dalam pelaporan tersebut, Kasno mempertanyakan aliran dana kompensasi batu bara yang diterima FPB, yang semestinya menjadi hak warga, dengan total sekitar Rp 4,2 miliar, dari tahun 2018 sampai 2019. Pihaknya pun sudah mendatangi ke kantor FPB, namun belum ada penjelasan yang transparan.

“Warga juga sudah meminta bantuan Lurah Panjunan agar bisa menjadi fasilitator dalam masalah ini, hanya saja Pak Lurah tidak mau dilibatkan dan mengaku tidak tahu. Maka, para warga menempuh jalur hukum dengan melaporkan FPB dan FRW ke aparat kepolisian,” tuturnya.

Sementara menurut Ketua FPB, Heri Pramono, dirinya mempertanyakan keakuratan data dan jumlah nominal yang dilaporkan. Dirinya mempersilahkan agar kepolisian membuka secara gamblang dan terbuka jika memang terjadi penggelapan atau penyelewengan dana kepedulian masyarakat dari pengusaha batu bara.

“Semua bukti dan pelaporan kita sudah sampaikan semua kepada penyidik, jadi silahkan tanyakan saja sama penyidik karena kita sudah dimintai keterangan beberapa kali,” jelasnya, Selasa (16/6/2020).

Heri pun menambahkan, dirinya mempersilakan agar menanyakannya kepada para ketua RW terkait transparansi penggunaan uang yang dikelola oleh FPB. Karena setiap uang yang masuk melalui FPB, langsung didistribusikan kepada seluruh RW yang ada di Kelurahan Panjunan.

“Silakan tanya ke RW, kan uangnya kita bagikan kepada RW dan juga untuk kegiatan lainya,” jelasnya.

Dana kompensasi tersebut, lanjut Heri, digunakan untuk membantu warga di Kelurahan Panjunan, melalui program, seperti santunan anak yatim dan dhuafa, pembagian sembako, pengurusan jenazah, mobil ambulans, dan lain-lain.

“Semuanya kita salurkan untuk warga, dan pastinya ada transparansi,” ungkapnya.(*)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format