Gandeng Pemuda, Rampak Gendang Siap Ramaikan Festival Pitulasan di Kabupaten Cirebon


Dejabar.id, Cirebon – Semangat dan suasana kemerdekaan di berbagai penjuru daerah masih sangat terasa, seperti yang dilakukan oleh sekelompok remaja yang ada di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon ini. Mereka tengah bersemangat berlatih untuk tampil dalam sebuah pentas seni yang bertajuk Festival Pitulasan yang akan digelar pada Minggu 25 Agustus 2019 mendatang.

Menurut Jati Jabarmukti selaku panitia Festival Pitulasan 2019, festival ini adalah agenda rutin tiap tahun yang berangkat dari sebuah ide dan pemikiran para pemuda di Blok Pilang Dalem RW 04, Desa Pilangsari, Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Meski hanya tingkat RW, namun Festival Pitulasan ini mampu mendongkrak rasa persatuan antar RW di Desa Pilangsari.

“Bahkan tak jarang agenda tahunan yang dirayakan tepat di hari kemerdekaan ini mampu mencuri perhatian bagi para warga yang melintas di jalan,” jelasnya, Jumat (23/8/2019).

Jati menjelaskan, kata “Pitulasan” sendiri berasal dari sebutan angka 17 dalam Bahasa Jawa. Di Blok Pilang Dalem sendiri dari tahun ke tahun selalu menghadirkan acara paling berbeda dari yang lain.

“Bisa dikatakan Festival Pitulasan ini miniaturnya Festival Jember, dari lokal akan tetapi rasa nasional,” tuturnya.

Karena momennya bertepatan dengan kemerdekaan, lanjutnya, maka kreativitas para pemuda disalurkan melalui konsep acara Festival Pitulasan bertema HUT RI. Karena, pesta kemerdekaan harus dirayakan dengan hal yang positif.

“Selain merangsang kreativitas pemuda, Festival Pitulasan juga sebagai salah satu upaya dalam menciptakan lingkungan kampung yang menonjolkan rasa persatuan dan semangat gotong royong sejak usia remaja,” pungkasnya.(Jfr)