Press ESC to close

Gawat! 18 Warga Jabar Meninggal dalam Sebulan Akibat DBD

  • February 8, 2019

DEJABAR.ID, BANDUNG-Sejak November 2018 penderita Demam Berdarah Dengue atau DBD mengalami peningkatan.
Tercatat ada 2.461 kasus DBD terjadi pada bulan Januari yang lalu. Sedikitnya 18 orang telah meninggal akibat penyakit DBD.
Uus Sukamara, selaku sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Barat mengungkapkan, ada 10 kabupaten/kota di Jawa Barat yang memiliki angka penderita DBD yang tinggi.
“Tercatat per 31 Januari Kota Depok di angka 319 kasus, Kabupaten Bandung 236 kasus, Kabupaten Bandung Barat 277 kasus, Cimahi 200 kasus dan Kota Bandung sendiri 224 kasus,” ujarnya saat ditemui dalam JAPRI, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat(8/2/2019).
Uus mengatakan ini ke-18 kali terjadi kasus meninggal dunia akibat DBD yang juga disebabkan oleh keterlambatan baik diagnosa hingga penanganan.
“Sebagian besar kasus meninggal dunia berkaitan karena keterlambatan, nah karena keterlambatan ini membuat penanganan menjadi lebih berat,” lanjutnya.
Pencegahan DBD bisa dilakukan dengan cara prosedur Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) meliputi tindakan 3M, menguras, menutup dan memanfaatkan.
“Pencegahan ini dimulai dengan gerakan 3M dan sangat diperlukan mulai dari level rumah tangga dan pelajari cara penanggulangannya,” tutupnya.(Eca)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *