Hari Pohon Sedunia, Inilah 9 Manfaat Pohon Bagi Kehidupan!

1 min


551

Dejabar.id – Setiap 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia.  21 November ditetapkan sebagai Hari Pohon Sedunia untuk menghormati jasa-jasa J.Sterling Morton, pecinta alam asal Amerika yang giat mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Pohon atau hutan merupakan paru-paru dunia, karena banyak pohon menjadi salah satu penghasil oksigen terbesar di dunia. Dimana oksigen adalah kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Di bawah ini ada 10 manfaat pohon diantara lain:

1.Membersihkan udara dari partikel yang mencemarinya

Penelitian dari Davey Institute dan Departemen Kehutanan AS mengemukakan bahwa pohon yang berada di perkotaan mampu membersihkan udara dari partikulat kotor, sehingga bisa menyelamatkan satu kehidupan per tahun di tiap kotanya.

2. Menyediakan air bersih

Pohon atau hutan memiliki sistem filtrasi yang dapat menyimpan dan memproses alami hampir seluruh pasokan air bersih yang dibutuhkan manusia.

3. Menurunkan pencemaran udara

Sebuah pohon dapat menyerap sebanyak 48 ton karbondioksida per tahun, bahkan manfaat sebatang pohon dapat menyerap satu ton karbondioksida pada saat ia berusia 40 tahun.

4. Mengurangi tingkat kriminalitas

Menurut Discover Magazine, sebuah lingkungan yang memiliki banyak pohon akan memiliki tingkat kejahatan lebih rendah. Hal tersebut disebabkan karena ruang hijau memiliki efek menenangkan sehingga mendorong orang untuk menghabiskan banyak waktunya merasakan kesegaran dari pohon-pohon yang ada.

5. Meningkatkan nilai properti

Nilai properti di daerah yang dekat dengan taman terbuka hijau atau memiliki banyak pohon akan lebih tinggi sebesar 7% – 25% dibandingkan area yang tandus tanpa pepohonan. Karena kecenderungan orang lebih tertarik membeli atau membangun rumah di dekat area taman yang memiliki banyak pohon.

6. Menyehatkan mental

Beberapa studi menemukan bahwa terhubung dengan alam akan meningkatkan aspek kognitif manusia. Selain itu, terkoneksi dengan alam yang menyediakan banyak pohon bisa mendisiplinkan diri. Bahkan, sebuah studi menemukan pasien rumah sakit yang dapat melihat pohon di luar jendela akan dirawat 8% lebih cepat dibandingkan dengan pasien yang terkurung dalam ruangan.

7. Mengendalikan suhu dan kelembaban

Dengan menanam pohon berarti mengurangi terciptanya konsentrasi panas yang berlebihan akibat dari polusi udara. Karena pohon dapat mengendalikan suhu dan memberikan kelembaban pada udara.

8. Mencegah banjir atau bencana alam lainnya

Pohon-pohon yang berada di daerah tinggi mampu menyimpan air hujan dalam jumlah besar, sehingga bisa mencegah terjadinya banjir atau longsor. Untuk di daerah pantai, pohon bakau akan berperan mencegah terjadinya abrasi.

9. Habitat binatang liar

Adanya pohon dan hutan menjadi habitat bagi binatang liar untuk mengembangbiakkan populasi mereka di alam semesta ini.

Dari 10 manfaat pohon di atas, semoga bisa membuat kita sadar arti pentingnya pepohonan bagi kehidupan kita. Terjadinya banyak bencana alam di sekitar kita, salah satunya disebabkan oleh lahan yang seharusnya menjadi tempat pohon-pohon tegak berdiri dialihfungsikan untuk pemukiman dan industri.

Mulai saat ini, yuk kita tanam pohon dan menjaga mereka. Karena pohon-pohon adalah sumber oksigen terbesar yang kita perlukan dalam hidup ini.


Like it? Share with your friends!

551

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *