Ingin Daftar Sekolah Lebih Awal, Orangtua di Bogor Rela Antre Sejak Malam Hari


DEJABAR.ID, BOGOR – Hari pertama pendaftaran untuk SMA di Kota Bogor diwarnai antrean panjang orangtua calon pendaftar. Ratusan orangtua rela antri berjam-jam, bahkan datang sejak malam hari agar bisa mendaftarkan anaknya di di beberapa sekolah favorit.

Pantauan di SMA Negeri Negeri 3 Bogor, ratusan orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya nampak membludak. Para orangtua yang hendak mendaftarkan anaknya, rela datang malam hari hingga subuh agar bisa mendaftar lebih awal di salahsatu sekolah favorit di Kota Bogor ini.

“Kami ngantre sejak semalam, demi bisa daftar ke sini, tadi datang ke sini lagi jam 4 pagi. Ya ini karena demi anak, keinginan anak, jarak sekolah ke rumah juga sebenarnya dekat, kan biasanya jadi prioritas,” kata Silvia ditemui di SMA 3 Kota Bogor Jalan Raya Pakuan, Bogor Timur, Kota Bogor, Senin (17/6/2019).

Kondisi serupa juga nampak di SMA 1 Negeri Kota Bogor, salah satu sekolah favorit lainnya di Kota Bogor. Ratusan orangtua sudah datang sejak subuh agar berada di antrean terdepan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Yusuf Sulaeman menyebut, membludaknya calon pendaftar di hari pertama disebabkan oleh adanya kabar miring yang menyebut pendaftar pertama maka diprioritaskan. Padahal, isu tersebut adalah tidak benar alias hoax.

“Pendaftar hari ini sudah sampai 300-an, saya kira hampir semua sekolah begini yah (membludak), karena ada isu kabar yang tidak pas. (Kabar) yang mendaftar duluan, diprioritaskan. Sehingga warga berbondong-bondong datang, padahal (isu) itu tidak benar,” kata Syaiful ditemui di SMA Negeri 1 Kota Bogor, Jalan Juanda Kota Bogor, Senin (17/6/2019).

Pihak sekolah meminta kepada orangtua agar tidak terburu-buru dan berebut antrian. Karena masih ada waktu untuk pendaftaran.

“Tadi sudah kami sampaikan ke semua orangtua, bahwa isu tidak benar. Kami persilahkan datang ke sekolah dan ditunggu sampai Hari Sabtu. Tidak perlu pagi, sesampainya saja, karena itu (datang lebih awal) tidak berpengaruh apa-apa,” sambungnya.(Sol)