Ini Baru Keren, Anak Punk Leuwimunding Majalengka Peduli Lingkungan


Dejabar.id, Majalengka – Sampah menjadi permasalahan yang sangat urgen di kota-kota besar, namun sekarang di desa pun sampah menjadi permasalahan sangat sangat pelik.

Melihat permasalahan sampah di desa tersebut, Kang Gondile sebagai pendiri Punk Jumsih Leuwimunding, berinisiatif mengaktifkan kembali kegiatan Punk Jumsih yang sudah empat tahun vakum.

Sementara kegiatan sosial bersih-smpah tersebut, dilaksanakan di Saung Avo Gapoktan, Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jumat (7/2/2020).

Kang Gondile mengundang para pegiat lingkungan, literasi, petani muda dan lainnya untuk berdiskusi mengenai permasalahan sampah.

Kepala Desa Leuwimunding, Aang Rukman Lesmana, yang hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi keinginan komunitas Punk Leuwimunding yang akan mengaktifkan kembali kegiatan Punk Jumsih tersebut.

“Pemerintah desa sangat mendukung gerakan Punk Jumsih, mari kita berkolaborasi agar permasalahan sampah bisa ditangani secara utuh, bukan hanya memindahkan sampah dari rumah ke TPA,” ujarnya.

Sementara, Kang Cecep dari Sanggar Lingkungan Hidup Cirebon memaparkan, bagaimana pengelolaan sampah secara terpadu. Dimulai dari visi yang jelas terlebih dahulu.

“Pertama SDM harus mumpuni, lalu sistem pengelolaannya mau seperti apa. Retribusi, bank sampah atau keduanya. Pemilihan sistem ini harus diawali dari pendataan terlebih dahulu. Kemudian sarana dan prasana yang mendukung,” ucapnya.

Dia melanjutkan, bahwa pemerintah desa harus mendukung secara regulasi, yaitu berupa Perdes dan Perkades yang mengatur masalah pengelolaan sampah. Sehingga impian melakukan pengelolaan sampah secara terpadu akan terwujud. (jja)