Jadi Trending Topic, Begini Cerita Misteri Menara Saidah

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id – Baru-baru ini Menara Saidah kembali hangat diperbincangkan warganet hingga menjadi trending topic di media sosial terutama twitter pada Selasa (20/09/2019). Hal ini bermula ketika ada yang memposting keadaan di dalam Menara Saidah dan mendapatkan hingga ribuan retweet dan likes.

Tak sedikit warganet yang mengatakan bahwa Menara Saidah adalah β€œHotel Del Luna” yang berada di Indonesia. Hotel Del Luna merupakan drama Korea yang menceritakan sebuah hotel yang khusus menyediakan fasilitas bagi arwah.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut fakta-fakta seputar Menara Saidah.

  • Sudah kosong lebih dari satu dekade

Pada tahun 2007 gedung ini resmi ditutup untuk umum karena pondasi gedung tidak tegak berdiri dan miring beberapa derajat serta dianggap membahayakan keselamatan penghuni gedung.

Konstruksinya dianggap bermasalah sejak awal, namun dari pihak pemilik maupun Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) tidak ada yang bersedia memberikan penjelasan.

Dilansir dari beberapa sumber, Rahmat, salah satu petugas keamanan yang pernah bekerja selama delapan tahun di gedung tersebut menuturkan pada tahun 2007 pemutusan hubungan kerja dilakukan secara sepihak, dan hingga hari ini ratusan karyawan belum memperoleh pesangon.

Karena lokasinya yang strategis banyak penawaran masuk, termasuk dari Universitas Satyagama pada tahun 2011.

Keterangan yang diberikan oleh salah satu petugas keamanan, Rahmat, pindah tangan pemilik tidak terjadi karena pemilik awal tidak bersedia menunjukkan gambar struktur gedung.

Menara Saidah pada tahun 2012 oleh pemilik kemudian diserahkan dalam pengawasan Polsek Cawang, Jakarta Timur di mana setiap pagi polisi dari Cawang datang, dan menandatangan daftar.
Masalah keamanan, termasuk kebakaran sepenuhnya tanggung jawab polisi.

Ketidak jelasan status gedung ini mengakibatkan masyarakat yang tinggal disekitar khawatir dan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Basement bangunan yang terkenal angker

Ada cerita dari mantan penjaga Menara Saidah ini. Basement bangunan tersebut memang angker. Ia sering mendengar suara usil memanggil.

Namun setelah dicek, tak ada siapa-siapa di sana. Dalam gelapnya basement tersebut, terasa ada yang menepuk pundaknya.

  • Muncul sosok misterius di dalam lift

Bagian lift juga tak kalah misterius.Sesekali ada yang menemui sosok dalam lift yang mengaku sebagai penumpang lift.

Namun begitu pintu dibuka, nyatanya tak ada penumpang lain dalam lift tersebut.

  • Memiliki desain bangunan berkonsep romawi

Kini tampilan gedung sangat menakutkan, dinding usang dan kaca-kaca yang pecah pada bangunan ini menjadi suatu pemandangan biasa ketika melewati Menara Saidah yang dikabarkan miring ini.

Namun, dibalik tampilan usang dan tak terawat, gedung ini memiliki desain bangunan berkonsep romawi yang jarang dimiliki gedung perkantoran pada umumnya.

Kesan romawi muncul dari banyaknya dekorasi-dekorasi patung seperti Julius Caesar dan singa yang menghiasi area fasad serta lobi.

Pilar-pilar kokoh berwarna hijau serta atap lobi gedung ini tampil kontras dengan bangunan di sekitarnya.

Penggunaan sentuhan bergaya romawi ini sukses memberikan kesan megah dan kokoh bagi setiap orang yang melihatnya.

Dua buah patung singa putih seolah menyambut kedatangan orang-orang yang mengunjunginya.

Pada bagian lobby, kesan romawi pun masih hadir dengan kental melalui penggunaan patung yang terletak di tengah fountain.

Keramik mozaik yang digunakan pun berpadu serasi dengan konsep romawi yang digunakan dalam menata gedung berlantai 28 ini.

Namun sayangnya karena telah lama ditinggalkan, gedung yang digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan Inneke Koesherawati dan Fahmi Darmawansyah ini pun dianggap penuh misteri dan menyeramkan bagi banyak orang.

(Sumber: idea.grid)

Related posts

Leave a Comment