Jelang Lebaran, Pencurian Rumah Modus Minta Sumbangan Kerap Terjadi di Subang


DEJABAR.ID, SUBANG – Menjelang lebaran, modus pencurian rumah kosong makin meningkat di wilayah hukum Polres Subang. Hal tersebut seperti halnya terjadi baru-baru ini di wilayah kecamatan Cipeundeuy Subang.
Akhir-akhir ini, Polres Subang Jawa Barat mengungkap 2 kasus pencurian rumah kosong di dua lokasi salah satunya di Wantilan Cipeundeuy dengan modus berpura-pura meminta sumbangan.
“Pelaku dalam aksinya mengetuk pintu. Apabila pemilik rumah keluar dia menyodorkan permintaan sumbangan. Namun apabila tidak ada jawaban atau dipastikan pemiliknya tidak ada maka pelaku akan membuka pintu dengan kunci palsu yang telah dipersiapkan kemudian menggasak barang berharga yang ada di dalam rumah,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (29/5/2019).
Dalam aksinya menurut Kapolres Subang, Pelaku berinisial K (29 tahun) warga Jatinyuat Indramayu membawa proposal Pembangunan salah satu Yayasan Yatim Piatu di Indramayu. Pelaku mendatangi rumah dr. Wawan di Wantilan. Dalam aksinya berhasil membawa celengan pemilik rumah yang berada dalam kamar.
“Namun ketika keluar rumah pemilik rumah datang kemudian pelaku berhasil dibekuk oleh warga dan jadi bulan-bulanan warga d, sebelum akhirnya diserahkan k ke Polsek Cipeundeuy,” imbuhnya.
Dikatakan Joni, dari tangan pelaku berhasil diamankan 32 anak kunci berbagai ukuran, besi pengungkit, satu buah tas ransel yang digunakan pelaku untuk membuka kunci pintu rumah korban dan satu berkas proposal salah satu yayasan panti asuhan serta barang bukti jarahan uang tunai 1 juta dan celengan serta kendaraan yang digunakan pelaku dan barang lainnya.
Atas perbuatannya pelaku dijerat undang-undang hukum pidana pasal 363 yaitu pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman lebih dari 6 tahun untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku ini ditahan di mapolres Subang beserta barang bukti. (Ahy)