Jokowi Nilai Situasi Aksi 22 Mei Aman Terkendali


DEJABAR.ID, JAKARTA-Aksi massa yang terjadi pada hari ini, Rabu (22/5/2019), di Jakarta, dianggap masih aman terkendali. Meski ada beberapa kejadian yang terduga penyusup melakukan kerusuhan.
Hal tersebut diamini oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya beberapa saat lalu yang mengatakan, aparat keamanan mampu mengendalikan situasi pasca kejadian yang memanas saat malam tadi.
“Situasi masih terkendali. Masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/5/2019) sore. Saat menyampaikan pernyataannya, Jokowi seperti dikutip dari Kompas.com.
Dalam kesematan itu, Jokowi yang didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal pol Tito Karnavian, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga menyampaikan beberapa hal. Di antaranya, negara tidak akan memberikan kesempatan kepada para perusuh yang mencoba mengganggu stabilitas keamanan negara.
“Kita tidak akan memberikan ruang untuk perusuh-perusuh yang akan merusak negara kita, merusak NKRI. Tidak ada pilihan, TNI dan Polri akan menindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” kata Jokowi.
Oleh karena itu, Jokowi meminta masyarakat untuk kembali bersatu pasca KPU mengumumkan hasil pilpres. Apalagi di momen bulan ramadhan seperti saat ini.
“Ini adalah bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah, bulan yang penuh ampunan, penuh kasih sayang untuk kita semua saling menghormati, saling menghargai. Dan kewajiban kita juga sebagai umat Islam untuk memperbanyak amal saleh, berbuat baik,” katanya.(red/kompas)