Press ESC to close

Kemendagri Musnahkan Sejuta KTP Rusak di Bogor

  • December 19, 2018
DEJABAR.ID, BOGOR-Sebanyak 1.378.146 keping e-KTP rusak dimusnahkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di gudang aset Kemendagri Jalan Raya Parung, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Rabu (19/12/2018). Pemusnahan e-KTP rusak hasil penyimpanan sejak 2011 hingga 2014 tersebut dilakukan dengan cara dibakar.
Sekjen Kemendagri, Hadi Nugroho mengatakan, pemusnahan dilakukan agar tidak ada lagi kasus e-KTP rusak yang tercecer. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar, kata Hadi, juga agar tidak ada yang memanfaatkan e-KTP rusak tersebut.
“(E-KTP yang dimusnahkan) sudah Invalid ada yang tanggal lahir keliru, domisili sudah tidak menetap, ganti, berubah status, seperti (misalnya) tadinya belum menikah jadi sudah menikah atau sebaliknya. Ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia,”kata Hadi Nugroho di Bogor, Rabu (19/12/2018).
Pemusnahan e-KTP yang rusak, anjut Hadi, dilakukan serentak se-Indonesia dengan harapan tidak ada lagi e-KTP rusak yang tersisa. Ia juga menyebut akan memberi sanksi bagi petugas Disdukcapil yang belum melakukan pemusnahan.
“Jadi kalau tidak dibakar itu yang salah. Jadi kalau ada yang tercecer lagi, berarti ada oknum yang tidak melaksanakan apa yang jadi perintah menteri,” tegas Hadi.
“Saya kira semua ASN akan mematuhinya,” sambung Hadi.(Sol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *