Kertajati Tourism Expo BIJB, Sandiaga Uno: UMKM Membangkitkan Perekonomian Daerah


DEJABAR, MAJALENGKA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan pihaknya optimistis akan kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan pekerjaan.

Bahkan, bicara tentang potensi Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Sandiaga mengatakan, kota berjuluk Angin ini mempunyai potensi wisata dan UMKM yang cukup banyak untuk dikembangkan.

Hal tersebut diungkapkan Sandiaga Uno saat mengunjungi Kertajati Tourism Expo di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Kamis (9/9/2021).

Sandiaga Uno hadir untuk bertemu para pelaku UMKM yang ada di Bumi Sindangkasih dan sekaligus dalam rangka mendukung kegiatan Kertajati Tourism Expo 2021 untuk membuka lapangan kerja sebanyak – banyaknya.

“Semoga ajang ini dapat membuka akses pasar bagi produk dan jasa pelaku UMKM di sektor parekraf dan menciptakan lapangan kerja, khususnya bagi masyarakat Majalengka, sehingga diharapkan ikut membangkitkan perekonomian daerah,” harap Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga mengajak para pelaku UMKM untuk lebih memperkenalkan produk lokal. Ia juga berharap, melalui kegiatan ini akan menjadi perekat untuk para UMKM agar terus bersinergi.

Khususnya dalam meningkatkan daya jual dan daya produksi produk-produk lokal. Selain itu, yang tak kalah pentingnya ialah bahwa BIJB Kertajati juga berkomitmen untuk menjadi penghubung serta penyangga ekonomi daerah.

“Kami berharap setelah infrastruktur terintegrasi dengan Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Tol Cisumdawu) jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Barat bisa meningkat,” harapnya.

Sementara itu, saat Sandiaga mendatangi stand-stand para pelaku UMKM, selain langsung disambut oleh emak-emak dan diserbu untuk dimintai selfie. Sandiaga Uno juga tampak terpincut terhadap tenun gadod asal Desa Nunuk Baru, Majalengka. Tak hanya itu, Sandiaga juga memuji produk herbal Sereh Wangi Sugih Mukti yang merupakan UMKM binaan Kodim 0617/Majalengka. (*)