Press ESC to close

Keunikan Lukisan Prabu Siliwangi, Gunakan Konsep 3D dan 4D

  • October 14, 2018

DEJABAR.ID-Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon yang terletak di kompleks Keraton Kesepuhan Kota Cirebon, menyimpan ribuan macam benda dan pusaka peninggalan Kesultanan Cirebon. Di antara benda-benda pusaka tersebut, terdapat satu benda yang menjadi daya tarik pengunjung, yakni lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi.
Lukisan tersebut menampilkan sosok Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, raja yang terkenal dari Kerajaan Padjajaran. Sosok tersebut berdiri dengan mengenakan mahkota dan jubahnya, tangan kirinya memegang keris. Di bawahnya ada seekor macan yang mendampingi.
Keunikan dari lukisan tersebut, terletak pada mata dan anggota badan lainnya Prabu Siliwangi. Di mana pun posisi pengunjung untuk melihat lukisan tersebut, mata dan anggota badan Prabu Siliwangi seolah mengikuti. Hal itulah yang membuat lukisan tersebut menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang ke Museum Pusaka.
Menurut Wakabag Paket Wisata Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon, RM Hafid Permadi, lukisan tersebut dibuat oleh seorang pelukis asal Garut bernama Ridho tahun 2004. Sebelum melukis, Ridho melakukan sejumlah ritual untuk mencari imajinasi tentang sosok Prabu Siliwangi di Sancang, tempat yang diyakini sebagai tempat menghilangnya Prabu Siliwangi.
“Dalam ritual tersebut, Ridho mengaku didatangi Prabu Siliwangi dalam mimpi usai melakukan puasa dan takafur. Kemudian, dia langsung melukisnya,” jelasnya, Jumat (12/10/2018).
Setelah menyelesaikan lukisannya, lanjut Hafid, lukisan tersebut diserahkan ke Keraton Kesepuhan Cirebon ketika Sultan Sepuh XIII PRA Maulana Pakuningrat masih bertahta. Lukisan itu pun kemudian disimpan sebagai salah satu benda koleksi di museum.
Berdasarkan penuturan pelukisnya, lanjut Hafid, sosok Prabu Siliwangi memerintah Kerajaan Padjajaran dari tahun 1481 – 1521 Masehi. Namun, beberapa kalangan meragukannya, karena tidak disebut secara terperinci dalam sumber sejarah.
Hafid menambahkan, jika dilihat secara ilmu seni rupa, lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi dibuat dengan teknik tinggi. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa lukisan tersebut memiliki nilai mistis jika dilihat dari kacamata orang yang mempunyai ilmu spiritual. Bahkan, ada juga yang menyebutkan lukisan tersebut sebagai gambar 3D dan 4D.
“Banyak persepsi yang berbeda, tergantung orang yang melihatnya,” jelasnya.
Sedangkan menurut Silvi, selaku salah satu pengunjung Museum Pusaka, dirinya sangat terkejut, ngeri sekaligus kagum dengan lukisan Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi ini. Sebab, saat dia menatap mata sang prabu, dari arah mana pun Silvi menatap, mata Prabu Siliwangi seolah mengikuti.
“Agak ngeri juga sih karena seolah kita diawasi sama sosok dalam lukisan ini,” pungkasnya.(Jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *