Koramil 1704 Talaga Sediakan WiFi Gratis untuk Pelajar yang Terkendala Kuota Internet


DEJABAR.ID, MAJALENGKA – Koramil 1704/Talaga, Kodim 0617/Majalengka, menyediakan fasilitas WiFi gratis untuk para pelajar di wilayah Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, yang kerap terkendala kuota internet.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1704/Talaga, Kapten Inf Aceng Junandi mengatakan, hal itu dilakukan untuk terus mendorong semangat dan motivasi para siswa masih harus belajar secara online atau daring di tengah pandemi Covid-19.

“Pelajar dari mana saja boleh, terutama yang mengalami kesulitan dengan kuota internet. Hal ini setelah mendengar keluhan orang tua siswa yang menemui kendala tentang itu. Tidak ada salahnya kita tawarkan untuk pakai WiFi yang ada di Koramil,” ujar Kapten Inf Aceng Junandi, Rabu (12/8/2020)

Dia menjelaskan, sejak dibuka layanan WiFi gratis, selalu ada pelajar yang datang ke Koramil. Dirinya berharap pelajar yang saat ini setiap hari belajar di Koramil 1704/Talaga, dapat menyampaikan kepada rekan-rekannya yang lain, yang menemui kendala yang sama untuk belajar di Koramil Talaga.

“Setiap hari kita sediakan ruangan khusus belajar, jadi siapapun siswa atau pelajar yang hendak memakai bisa langsung laporan ke petugas piket,” sambungnya.

Danramil meminta kepada para pelajar wilayah Talaga dan sekitarnya, walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, jangan sampai proses belajar terganggu.

“Mereka generasi penerus, massa depan bangsa ada di mereka, kita harus peduli dan ikut tanggung jawab mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai kemampuan kita. Semoga dengan keadaan yang terjadi saat ini lebih banyak lagi komunitas dan elemen masyarakat yang peka, jangan takut berbuat baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Eva Sitibaedah (35), salah seorang orangtua siswa sekolah dasar menyambut gembira program wifi gratis di Koramil 1704/Talaga. Pasalnya, menurut warga Desa Talaga itu, setiap hari anaknya harus online untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah.

“Cukup membantu mengurangi beban belanja kuota. Anak juga kalau belajar ada teman jadi lebih semangat ketimbang sendiri di rumah,” ujar dia.

Eva pun berharap, apa yang dilakukan Koramil 1704/Talaga, Kodim 0617/Majalengka ini bisa ditiru institusi dan instansi lain untuk meringankan beban masyarakat. “Semoga semakin banyak lagi pihak yang peduli yang turut memerhatikan kondisi pendidikan sekarang ini,” ucapnya. (*)