MAC UI Gelar Nusantara Berkisah 2 Bersama Artis dan Seniman Membongkar Nilai-nilai Dharma


Dejabar.id – Kata dharma menjadi seksi dan eksotik ketika dibongkar. Ini dikatakan Trie Utami saat menjadi host pada acara Nusantara Berkisah 2, Minggu (25/10/2020). Pada program yang disiarkan Sultan TV ini,  Ngatawi Al Zaustraw, yang juga memandu acara ini mengatakan, eksotisme dharma serta nilai-nilai mulia dari dhama bisa dilihat ketika seseorang gampang diajak bicara.

“Sekarang ini sudah hilang gara-gara itu dianggap mitos dan bertentangan dengan rasionalitas. Banyak hal-hal yang dilindas oleh kekuatan akal dan nalar,” kata Zaustraw.

Ia menanyakan kepada Tommy F Awuy, dosen filsafat yang menjadi narasumber pada program ini tentang bagaimana mengkompromikannya atau memposisikan keduanya supaya tidak kontradiktif. Tommy menjawab, rasionalitas adalah satu sisi dari dimensi atau kekuatan pikiran.

“Ada juga imajinasi. Wah liar kesana kesini, sebentar-sebentar nempel di hal-hal abstrak, sebentar-sebentar di konkret. Apakah mitos bisa menjadi sumber pengetahuan, sangat bisa. Ini bisa melalui cerita-cerita yang menjadi pengetahuan masyarakat sehari-hari,” jawab Tommy.

Sebelumnya, di awal perbincangan, Trie Utami menanyakan upaya kekinian paling tepat untuk menghidupkan kembali nilai-nilai di dalam cerita dalam mentransformasikan ke kehidupan mendatang. Tommy bilang, hal ini haruslah didukung kurikulum jika dipelajari di sekolah. Faktor lingkungan dan keluarga juga berpengaruh untuk menghidupkan nila-nilai di dalam sebuah cerita yang disisipi berbagai nilai termasuk dharma ini.  

“Nilai dharma adalah pernghormatan, sebuah pandangan yang sekalipun berbeda tapi kita respect, kita hormat,” kata Tommy.

Diakui Tommy, nusantara ini kaya sekali. Bhineka tunggal ika berasal dari kekayaan dan perbedaan. Pendekatan nusantara dengan ribuan jenis bahasa, seni, dan permainan adalah sesuatu yang menjadi kekayaan nilai yang bisa dipelajari.

Cerita-cerita rakyat yang menemani masyarakat Indonesia menyimpan serta menyembunyikan nilai-nilai. Dan menjadi seperti kotak pandora yang begitu dibuka mengandung banyak sekali hal. Perlu usaha lebih untuk menceritakan kisah-kisah ini, yang berisi folosofi dasar kehidupan. (Sultantv)