Majalengka Exotic Food, Hasilkan Kreasi Kuliner Lokal


DEJABAR.ID, MAJALENGKA – Hampir 1,5 tahun sudah Indonesia dilanda wabah Covid-19, termasuk di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, berbagai sektor kehidupan masyarakat pun masih terpuruk, terutama perekonomian.

Adanya pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah memang menyulitkan masyarakat untuk bergerak. Namun kebijakan itu harus dilakukan demi untuk mencegah semakin meluasnya virus corona.

Salah satu pihak yang paling terdampak pandemi covid-19 adalah para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner. Dengan masih minimnya wisatawan, tentu saja membuat usaha mereka tersendat.

Kondisi inilah yang menjadi latar belakang Tehbotol Sosro memberikan solusi dengan menyelenggarakan sebuah program kolaborasi antara gerakan Locals Unite bersama dengan Majalengka Exotic Food.

Kegiatan bertajuk workshop beserta penjurian kompetisi kreasi kuliner lokal tersebut diselenggarakan secara live streaming melalui youtube dan berlangsung lancar.

Acara yang bikin menggairahkan kembali bisnis kuliner tersebut, mendapat sambutan hangat dari para pelaku UMKM kuliner se-Majalengka. Ada 80 peserta dan 80 resep yang mengikuti kompetisi Kreasi Kolaborasi Kuliner Asli Majalengka.

Bahakan, saat ini telah terpilih Top Tiga pemenang yang dinilai oleh juri profesional yang berasal dari Majalengka dan Juri Nasional.

Dimana juara 1 akan berlomba di tingkat nasional bersama dengan pelaku usaha kuliner di 6 kabupaten/kota di Indonesia. Diantaranya Malang, Solo, Yogyakarta, Pontianak, Palembang dan Majalengka.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid pada 30 Oktober 2021 tersebut, dapat dukungan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka).

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana menyatakan, kegiatan tersebut membuktikan bahwa daya kreatifitas para pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner di Kabupaten Majalengka tidak terhenti, meski ditengah masa pandemi sekarang ini.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan daya kreativitas dan kualitas produk kuliner dari para pelaku UMKM kuliner lokal, dan semoga pandemi segera berakhir dan semua tatanan kembali membaik,” ungkap Tarsono D Mardiana, Rabu (10/11/2021).

Wabup berharap, tahun depan kegiatan Majalengka Exotic Food bisa diadakan lebih meriah lagi. Terlebih, kata dia, saat ini Majalengka Exotic Food sudah masuk kedalam daftar kalender event Kabupaten Majalengka tahun 2022.

“Harapan kami, melalui program ini dapat membantu brand-brand lokal dengan menjadi wadah bagi para UMKM di Majalengka untuk berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan kuliner khas lokal,” harapnya. (*)