Mau Lihat Ratusan Buaya dari Dekat? Datang Saja ke Wisata Alam Penangkaran Buaya Blanakan Subang


DEJABAR.ID-Kabupaten Subang merupakan  salah satu kabupaten di Jawa barat yang memiliki beragam objek wisata alam yang menarik. Mulai dari Gunung Tangkuban Perahu, puluhan wisata Curug (Air terjun), pemandian air panas sariater, Perbukitan yang menawarkan panorama alam yang Indah, wisata pantai, hingga wisata alam penangkaran Buaya.
Bila sahabat Dejabar berwisata ke pantai seperti Pantai Pondok Bali, Pantai Patimban, Pantai Cirewang yang berada di wilayah Subang Utara, tak lengkap rasanya bila sahabat Dejabar  tak mengunjungi objek wisata alam Penangkaran Buaya Blanakan.
Sobat Dejabar bila berwisata ke Penangkaran Buaya Blanakan, maka Sobat Dejabar  bisa melihat ratusan buaya mulai dari yang terkecil hingga yang besar dan panjangnya mencapai 7 meter dan bobotnya 1,5 ton lebih. Seperti yang ada pada buaya yang diberi nama si Baron dan Jack. Dua buaya ini, menjadi idola pengunjung sekaligus sebagai buaya pejantan yang membuahi buaya-buaya betina.
“Setiap akhir pekan dan libur panjang, wisata alam penangkaran Buaya selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota” ujar Ujang Zakaria,
salah satu pengelola Objek Wisata Penangkaran Buaya Blanakan kepada Dejabar.id, kemarin.
Menurut Ujang Zakaria, penangkaran buaya ini milik Perhutani yang berada dikawasan hutan Mangrove di pesisir Pantai Muara Balanakan.
“Dipenangkaran Buaya Blanakan ini ada sekitar 520 ekor Buaya muara, yang usianya udah puluhan tahun ada 51 ekor, 320 ekor berusia belasan tahun dan sisanya usia dibawah 10 tahun hingga yang masih bayi atau baru netas,” katanya.
Untuk pakan ratusan buaya tersebut, pihak pengelola mengaku menghabiskan pakan 5-10 kwintal perminggu.
“Untuk pakan seminggu 2 kali, rata-rata sekali memberi makan ratusan buaya yang ada dipenangkaran ini 3-5 Kwintal daging atau ikan,” ungkapnya
Giar, salah  seorang pengunjung asal Bandung mengaku senang bisa melihat ratusan buaya dengan berbagai ukuran dan usia
“Senang bisa melihat buaya dari dekat, ternyata buaya yang masih kecil juga ada di sini, bahkan yang baru netas juga ada, lucu-lucu lagi,” kata Giar sambil memanjakan anaknya melihat buaya-buaya di kolam penangkaran.
Selain puas melihat ratusan buaya, Giar juga mengaku nyaman sekali berkunjung ke lokasi wisata penangkaran buaya.
“Lokasi penangkaran buaya ini sangat sejuk berada di tengah hutan bakau atau mangrove, selama dalam perjalanan juga enak pemandangannya indah hijau rimbunan pohon mangrove menghiasi lokasi wisata penangkaran buaya Blanakan ini,” katanya
Bagi para sobat yang ingin berkunjung ke wisata penangkaran buaya Blanakan bisa langsung menuju jalur Pantura Subang. Bila dari Jakarta atau Bandung, anda cukup lewat tol Jakarta-Cikampek atau Cipularang langsung menuju ke persimpangan Jomin Cikampek belok kiri ke arah Cirebon. Dari Jomin Cikampek hanya sekitar 30 menit langsung berhenti di pertigaan Pasar Ciasem menuju Blanakan.Tepat di depan Kantor Desa Blanakan belok kanan.
Untuk masuk ke lokasi wisata penangkaran buaya Blanakan anda hanya cukup bayar Rp15.000 untuk Dewasa, anak-anak hanya Rp7500 dan parkir mobil Rp10.000, motor Rp5000.
Di lokasi penangkaran buaya Blanakan sahabat Dejabar tak usah takut kelaparan karena banyak warung-warung makanan yang lengkap tersedia di lokasi wisata termasuk ada warung makanan atau kuliner khas pantai.
Penasaran ingin lihat binatang buas seperti buaya dari dekat. Yuk, datang aja ke wisata alam penangkaran Buaya Blanakan. Selamat berwisata ya, Sob.(Ahy)
 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format