Press ESC to close

Melalui Program PKS, Polisi Semakin Perhatian dengan Keselamatan Siswa

  • February 16, 2019

DEJABAR.ID, MAJALENGKA-pelajar SMP/SMA sederajat se-Kabupaten Majalengka, mengikuti pelantikan sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Polres Majalengka, dilaksanakan di Bumi Perkemahan (Buper) Margatapa Majalengka, Sabtu (16/2/2019).
Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakapokres Majalengka, Kompol Hidayatullah dan dihadiri Kasat Lantas, AKP Atik Suswanti, Kanit Dikyasa Lantas, Iptu Y Rusyanto, Kanit Regident, Iptu Mukhali dan para pembina PKS serta para guru lainnya.
Wakapolres Majalengka, Kompol Hidayatullah mengajak para pelajar menggelorakan program Generasi Millennial Road Safety Festival agar masyarakat senantiasa tertib berlalu lintas, temasuk generasi millennial.
“Kami berharap dengan adanya kegiatan tersebut, para generasi millennial ini nantinya menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di Majalengka. Kemudian juga menyebarkan tertib berlalu lintas, khususnya dilingkungan sekolah, keluarga, teman maupun masyarakat umum lainnya,” katanya.
Hidayatullah juga menjelaskan tentang pentingnya mematuhi aturan lalu lintas, guna menghindari kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
“Generasi milenial harus sebagai pelopor tertib lalu lintas dan juga harus menjadi pelopor terwujudnya road safety,” pintanya.
Tak hanya itu, Wakapolres juga menghimbu kepada para orangtua agar jangan membiarkan anak di bawah umur atau pelajar untuk berkendara.
Karena kata dia, saat ini kasus angka kecelakaan lalu lintas di Majalengka cukup tinggi dan sebagian besar korbannya adalah usia produktif, termasuk di dalamnya kalangan pelajar.
“Sayangilah anak-anak anda, jangan sampai mati sia-sia di jalan raya. Kami harap para orangtua terus memberikan pemahaman atau saling mengingatkan, pentingnya tertib lalu lintas,” harapnya.
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Atik Suswanti menambahkan, bahwa tujuan membentuk PKS tersebut, untuk menumbuhkan kedisiplinan.
“Pada pelantikan anggota PKS angkatan ke-9 ini, ada sebanyak kurang lebih 1.350 peserta, terdiri dari para pelajar tingkat SLTP/SLTA sederajat di Kabupaten Majalengka dan dalam setiap sekolah mengirimkan masing-masing perwakilannya,” jelasnya.
Kasat Lantas menambahkan, bahwa kegiatan tersebut, dilaksanakan selama dua hari. Yaitu, Sabtu dan Minggu (16-17/2/2019) dengan diberikan pelajaran atau pun berbagai lomba. Baik soal PBB, beladiri PKS, senam lantas, gatur lantas, anti narkoba serta penanganan kecelakaan dan ilmu kelalu lintasan.
Dia berngharap para pelajar yang telah mengikuti pelatihan dan dilantik sebagai anggota PKS, bisa menjadi contoh tauladan bagi pelajar di lingkungan sekolah masing masing maupun ditengah-tengah masyarakat.
“Tanamkan terus kedisiplinan yang telah anda terima selama latihan, dimanapun anda berada, baik di sekolah maupun di rumah. Jadilah contoh bagi pelajar lainnya dalam mendukung tugas Polri mewujudkan Kamseltibcarlantas,” ungkapnya.(jja)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *