Mengenal ST Burhanuddin, Adik TB Hasanuddin yang Jadi Jaksa Agung Baru

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id – Presiden Joko Widodo sudah memilih dan menetapkan para menteri yang akan membantunya di periode kepemimpinan periode 2019-2024. Dari sekian nama itu ada nama ST Burhanuddin, siapa dia?

Dilansir dari liputan6, ST Burhanuddin adalah mantan Jaksa Muda Bidang Perdata dana Tata Usaha Negara. Dia dipercaya Jaksa Agung Basrief Arief yang menjabat sejak 2010 hingga 2014. Sebelum menjadi Jamdatun, ST Burhanuddin mengemban tugas sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, pria kelahiran Cirebon tahun 1954 itu pernah menjabat sebagai Kepala Kejati Sulawesi Selatan, dan Kepala Kejati Maluku Utara.

Karir Burhanudin mocer selepas mengikuti pendidikan pembentukan Jaksa tahun 1991. Dia pernah ditunjuk sebagai Kepala Kejari Bangko, Jambi pada tahun 1999, lalu Kepala Kejari Cilacap.

Burhanudin yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama PT Hutama Karya, ketika menjadi Jaksa juga pernah menduduki jabatan sebagai Asisten Pidana Umum di Kejati Jambi, Asisten Pidana Khusus Kejati Aceh, lalu Asisten Pengawasan Kejati Jawa Barat, kemudian Wakil Kejati Aceh.

Burhanudin yang kerap tinggal di Majalengka pasca pensiun, pernah juga menjabat di lingkungan Kejaksaan Agung, sejak tahun 2007 dia mendapat promosi sebagai Direktur eksekusi dan eksaminasi pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus. Kemudian tahun 2009 dirinya ditunjuk sebagai Inspektur V Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan. Hingga akhirnya di era Basrief Arief dia menjabat sebagai Jamdatun.

Basrief saat berbincang melalui telepon seluler mengatakan, selama mengemban tugas sebagai Jamdatun, kata Basrief, tidak ada hal ‘aneh’ yang dilakukan oleh ST Burhanuddin.

“Tidak ada hal yang kurang puas selama kita bekerja bersama di Kejaksaan Agung, sepanjang tugas dia proper,” ujar Basrief, Rabu (23/10/2019).

Basrief menyambut baik kabar mantan anak buahnya itu didapuk oleh Presiden Jokowi untuk mengembang tugas Jaksa Agung.

“Semoga ke depan membawa Kejasaan Agung lebih baik lagi dari yang sudah ada,” kata Basrief.

Dihubungi terpisah, politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno membenarkan bahwa ST Burhanuddin adalah adik dari polisi PDIP Tb Hasanudin.

“Benar Jaksa Agung yang baru merupakan adik dari TB Hasanuddin. Dia adik TBH, tapi masuk jalur profesional, tidak lewat parpol,” kata Hendrawan.

Presiden Jokowi mengumumkan memanggu Widodo memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Baru.

“Yang ke-38 Bapak ST Burhanuddin Jaksa Agung,” kata Jokowi.

Saat perkenalan kabinet oleh Presiden Jokowi, tugas pokok yang Burhanudin emban untuk memimpin korps adhyaksa mengantikan Jaksa Agung HM Prasetyo kedepan yakni menjaga independensi Hukum.

“Beliau menjaga independensi hukum, menegakkan supremasi hukum dan membangun, kemarin sudah saya sampaikan mengenai complain, handling dan management. Ini harus benar,” kata Jokowi di teras Istana Merdeka.

Hal pertama yang ditekankan Jokowi saat perkenalan para menterinya adalah, “Jangan korupsi”.

Sumber: Liputan6com, pitunews

Related posts

Leave a Comment