Mengenalkan Batik Khas Banjar Lewat Lomba Fashion Show


BANJAR, DEJABAR.ID – Guna lebih mengenalkan Batik Banjar dan menjadikan branding Kota Banjar, Pemerintah Kota Banjar adakan Lomba Fashion Show “Kreasi Baju Kerja Motif Batik Banjar ” yang diadakan di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Jawa Barat pada Rabu 23 Februari 2022.

Lomba Fashion Show yang digelar dengan menampilkan berbagai macam kreasi batik khas Kota Banjar yang diikuti perwakilan dari OPD dan masyarakat.

Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana sengaja lomba ini diadakan guna mengenalkan Batik khas Kota Banjar yang diharapkan bisa menjadi branding.

“Seperti kita ketahui Kota Banjar belum mempunyai ikon atau branding yang jelas. Nah di acara ini kita berharap Lomba Fashion Show jadi branding, begitu orang berbicara Banjar akan ingat akan Batik Banjar,” kata Nana.

Saat ini, sambung Nana, bahwa Kota Banjar sendiri telah mengeluarkan berbagai macam motif ciri khas Kota Banjar. Seperti motif rambutan sibatulawang, motif tarum,motif ontel, motif ebeg atau kuda lumping dan motif bebeong, motif ranginang.

“Jadi selain mengenalkan buah-buahan khas Banjar. Nama buah-buahan tersebut juga dipakai untuk motif Batik Banjar. Untuk sentra batiknya sendiri saat ini sudah ada,” jelasnya.

Kedepan, Nana mengaku pihaknya akan menyediakan tempat untuk pemasaran UKM Banjar seperti Batik.

“Rencananya akan tempatkan di Rest Area Banjar Atas dengan memperluas area tersebut,” tandasnya. (dry)