Mengingat Sejarah Lewat Festival Mural


SERANG – Sebagai upaya melestarikan nilai-nilai Pancasila dan perjuangan para pendiri bangsa, Sultan TV berkerjasama dengan Banten Street Art (BSA) dan Banten Art Community (BAC) mengadakan Festival Mural Perjuangan di Sultan Centre, Sabtu (18/6/2022).

Festival mural ini merupakan bentuk berekspresi dari para seniman muda di Kota Serang dalam merepresentasikan perjuangan para pendiri bangsa. Hal ini juga diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda.

“Tujuannya agar dapat memberikan pemandangan yang berbeda sebagai bentuk ekspresi dari generasi muda, terhadap nilai-nilai Pancasila,” ujar Founder Sultan TV, H. Bahroji.

H. Bahroji mengatakan, selain menjadi wadah berekspresi, kegiatan ini merupakan rangkaian acara ‘Bulan Inspirasi Bung Karno’ yang digagas oleh Sultan TV, Forum Soekarnois, Kulturina, Kedai Pancasila, Lumbung Kreatif dan Youthlab.

“Saya ini penggemar seni, makanya sangat mendukung kegiatan teman-teman muralis. Mereka butuh tempat untuk berekspresi. Saya yakin dengan kegiatan ini, nilai Pancasila dapat lebih mudah diserap oleh generasi muda,” tuturnya.

Dewan Penasihat Forum Soekarnois, Ade Sumardi mengatakan, festival mural bukanlah ajang vandalisme, melainkan salah satu cara anak muda berekspresi.

“Mural bukan sekdar corat-coret, tetapi cara menuangkan apa yang ada di pikiran dan hati seseorang. Itu juga menunjukan bagaimana mereka bicara dengan baik melalui karyanya,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Lebak.

Sementara itu Indra Kesuma, Pembina dari Banten Art Community mengaku, sangat kagum terhadap sosok Bung Karno sebagai seorang proklamator dan pendiri bangsa.

“Betapa gigihnya Bung Karno memperjuangkan simbol negara melalui seni rupa. Bung karno bahkan menjual mobilnya untuk membangun Patung Dirgantara. Ini menjadi motivasi luar biasa bagi para perupa dan seniman pada umumnya,” ucap Indra.

Hal senada diakatakan Angga Trafsila Ardi, anggota dari Banten Street Art ini mengaku banyak mendapat inspirasi dari sosok Bung Karno.

“Perjalanan dan semangat bung karno menjadi panutan bagi generasi muda. Semangat tersebut bisa juga diaplikasikan melalui mural dan graffiti bertema perjuangan,” pungkasnya. []


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format