Mutiara Nusantara : Emansipasi Perempuan Indonesia untuk Kemajuan Bangsa


Dejabar.id – Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, agama dan adat istiadat merupakan suatu kekayaan yang perlu dijaga dan dilestarikan oleh putra putri penerus bangsa. Karena Indonesia tercipta atas dasar perbedaan itu sendiri. Perbedaan bahkan selayaknya menjadi landasan untuk saling mengenal dan menghargai satu sama lain. Kemampuan untuk saling menghargai perbedaan yang ada menunjukkan kedewasaan kita dalam bermasyarakat.

Para pahlawan Indonesia berupaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, baik melalui perjuangan fisik maupun melalui perjuangan secara pemikiran dan ideologis. Salah satu pejuang perempuan Indonesia adalah Kartini, yang berupaya memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia sehingga memperoleh kesetaraan tidak hanya dengan kaum laki-laki tetapi juga mampu berdiri sama tinggi dengan bangsa lainnya. Perjuangan Kartini melahirkan gerakan emansipasi perempuan Indonesia yang menjembatani berbagai perbedaan baik suku, agama dan adat istiadat.

Mutiara Nusantara adalah tema yang diangkat oleh Nusantara Berkisah seri 7, yang merupakan acara yang digagas dan didukung bersama oleh Makara Art Center UI, Kulturina, Sultan TV, Forum Kebangsaan UI, dan Kedai Ide Pancasila. Nusantara Berkisah seri 7 akan mengangkat tema emansipasi perempuan Indonesia untuk kemajuan bangsa, yang akan membahas hal-hal yang diperjuangkan perempuan untuk memperkokoh identitas Indonesia, dalam berbagai bidang dan profesi. Identitas Indonesia tak akan lepas dari upaya menjaga persatuan bangsa dan upaya memperjuangkan kemandirian bangsa. []