Pangkogabwilhan III: Merawat Papua sama dengan Merawat Indonesia


BANDUNG – Kunjungan Lapangan Kogabwilhan III di tiga titik sentra pertanian kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jumat (11/3/2021) dipimpin Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letjen I Nyoman Cantiasa.

Kunjungan lapangan ini atas dasar Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Di Provinsi Papua Barat, Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Di Provinsi Papua Dan Provinsi Papua Barat serta kunjungan Pertama Panglima TNI ke Papua tanggal 01 Desember 2021.

Sehubungan dasar di atas, dalam rangka pendekatan sosial ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat di wilayah tugas Kogabwilhan III, Kogabwilhan melakukan kunjungan lapangan ke lokasi Sentra Usaha Tani dan Agribisnis Nusantara (SUTA Nusantara) dan Perkumpulan Badan Usaha Masyarakat Adat Nusantara (PERBUMA) yang di kelola sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan getok tular usaha tersebut bagi masyarakat di wilayah timur.

Dalam agenda kerja ini akan ada pemaparan dari pengelola sentra pertanian KUP Nusantara oleh Ketuanya Dadung Harisetio serta peninjauan sentra pertanian Kopi Ciwidey,Asparagus dan Strawberry.

Pantauan dejabar.id dilapangan Pangkogabwilhan III Letjen I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) tiba di lokasi kunjungan Ciwidey pukul 18.15 Wib didampingi
Laksamana Muda TNI l
Maman Firmansyah selaku Kaskogabwilhan, Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, S.E., M.Si.
dengan jabatan Inspektur Kogabwilhan III,Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.A.P. selaku pejabat Asrena Kaskogabwilhan III
Brigjen TNI Erikson Naek P. Simanjuntak selaku Asintel Kaskogabwilhan III, Brigjen TNI
Suswatyo,S.I.P. pejabat Aspers Kaskogabwilhan III, Laksma TNI
Dr. Ir. Azis Ikhsan B., M.Tr. (Han)
Pejabat Aslog Kaskogabwilhan III,Marsma TNI Talawide
pejabat Askomlek Kaskogabwilhan III.

Dalam Sambutan Ketum Suta nusantara Dr Dadung Harisetyo dan perbuma nusantara ingin membuat pendidikan kilat para pemuda Papua agar bisa cepat berbahasa Inggris.”Kita punya metode cepat berbahasa Inggris Agar para pemuda Papua bisa berbahasa Inggris cepat dan bisa maju,”ucap Dadung Harisetio yang bisa disapa Masda ingin pemuda kembali membangun desa menggerakkan bangsa.

Selain itu Masda juga mengutarakan tentang pontensi Asparagu, Strawberry, kentang dan kopi agar bisa diduplikasi di wilayah Papua.

Mewakili Tokoh Masyarakat Ketua DPRD Kab. Bandung H. Sugianto, S.Ag., M.Si mengutarakan tentang potensi pertanian di Ciwedey.”Kami membina potensi pemuda serta produk-produk unggulan, seperti bawang batu yang memiliki harga stabil,namun perlu dicermati saat pasar membludak dan harga jatuh itu bisa dicari jalan keluar dengan garansi serta bantuan pemerintah,”jelas Sugianto yang juga petani memiliki lahan kopi,teh dan bawang.

Dalam sambutan Panglima Komando Gabungan Wilayah III Letnan Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa, S.E.,M.Tr (Han) membuat tertib dan bangsa ada tiga yakni Membangun sumber daya manusia, infrastruktur dan regulasi.”Membangun bangsa tidak bisa sendiri ada TNI,Polri,Pemerintah,pengusaha dan media sinergi, nah percepatan pembangunan Papua harus cari model seperti pertanian,perkebunan dan mengajak masyarakat Papua sebagai nilai lebih”ucap Letjen TNI I Nyoman Cantiasa optimis bisa tingkatkan kesejahteraan masyarakat Papua .

“Kami TNI cari cara alternatif untuk para pemuda untuk turun ke desa, karena sudah ada contoh nyata di Fak-Fak sudah ada export pala dan solusi ekonomi bagus nantinya tidak ada konflik karena hidup sudah nyaman,”jelasnya menambahkan kalau merawat Papua kita merawat Indonesia.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format