Pengen Jadi Travel Vlogger? Kamu Bisa Coba Tips Sederhana Ini

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

DEJABAR.ID – Hobi jalan-jalan atau traveling┬ásekarang ini sudah menjadi bagian profesi yang banyak digeluti orang-orang karena didorong dengan kemajuan teknologi dan dunia digital. Mereka yang melakukan travelling kini banyak diabadikan dengan merekamnya yang lalu dibagikan secara luas melalui Youtube yang kerap disebut sebagai Travel Vlogger.

Kegemaran ini atau profesi sebagai trabel vlogger ini ternyata menjadikan tidak semudah yang diduga, ada hal-hal yang harus diperhatikan dan harus dijalankan oleh para travel vlogger.

Hal pertama yang tergolong menantang adalah membuat konten perjalanan secara kontinyu atau terus menerus. Keharusan tersebut kadang mengalami hambatan karena banyak hal. Nah untuk kamu yang mau memulai menjadi travel vlogger kamu bisa coba tips-tips berikut:

1. Cobalah untuk langsung memulai vlogging

Banyak orang yang hanya ingin mencoba namun beberapa faktor dapat mengurungkan niat kembali. Jika terlintas untuk berniat membuat vlog, cukup ambil kamera traveler dan lakukan.

2. Menjadi diri sendiri

Saat berada di depan kamera, seseorang bisa saja menjadi berubah baik secara fisik maupun sikap. Cara paling baik saat melakukan vlogging adalah menjadi diri sendiri.

Termasuk saat travel vlogging, misalnya kamu adalah tipe yang senang ke pantai dan tidak menyukai hiking atau naik gunung. Maka, saat di gunung jangan berpura-pura gemar berwisata ke gunung. Tetapi, jangan juga memberikan komentar jelek di depan publik.

3. Jujur

Tidak jauh berbeda dari poin sebelumnya, kejujuran menjadi hal yang terpenting saat ingin memulai Travel Vlogging. Pastikan seluruh konten dan pengalaman kamu sesuai dengan kenyataan. Misalnya, jika suatu destinasi wisata terlihat kumuh, hindari berkata sebaliknya seperti ‘tempat ini indah sekali’ atau ‘suasananya asyik banget.’ Sebab kejujuran adalah suatu hal yang merepresentasikan kualitas seorang vlogger.

4. Belajar berbagai teknik vlog

Membuat sebuah video memang tidak menjadi keahlian semua orang. Tetapi bukan berarti semua orang tidak dapat belajar untuk mencoba membuat travel vlog.

Teknik vlog yang digunakan juga beraneka ragam, misalnya menentukan angle yang tepat dari sebuah gambar, atau bagaimana caranya untuk memasukkan musik yang pas dengan destinasi wisata yang di rekam. Traveler dapat mencobanya dengan menonton vlog-vlog orang yang sudah cukup berpengalaman di media sosial.

5. Jangan bergantung kepada viewers dan pendapatan

Sebagian orang masih melihat pekerjaan seorang vlogger sebagai media untuk mencari uang yang cepat. Apalagi jika memulainya sebagai seorang travel vlogger yang berkunjung ke tempat-tempat asing dan akan lebih mudah mendapat viewers.

Related posts

Leave a Comment