Perum Bulog: Kehadiran PT.MDB Ligung Harus Bisa Jadi Solusi Bagi Petani


DEJABAR.ID, MAJALENGKA-Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum BULOG, Imam Subowo berharap, dengan kehadirannya PT.MITRA Desa Bersama Ligung (PT.MDB) harus bisa memberikan solusi bagi para petani dalam memenuhi kebutuhan. Seperti kebutuhan bibit, pupuk, obat-obatan maupun bisa menampung atau membeli hasil pertanian jika panen tiba seperti gabah.
“Kedatangan kita ini ingin memberikan semangat kepada para petani Indonesia, khususnya petani di Kecamatan Ligung. Karena selama ini nasib petani selalu terpinggirkan. Padahal dari 74 ribu lebih desa yang ada di negara kita, 70 persen penduduknya adalah bertani. Namun sayang nasibnya masih belum beruntung,” katanya, Kamis (18/10/2018).
Menurut Imam, bahwa ke depan minat para angkatan kerja sangat sedikit sekali untuk menekuni propesi petani, disamping penghasilan yang tidak menentu, lahan pertanian yang semakin menyempit juga menjadi faktor utama menurunnya minat generasi penerus untuk menjadi petani.
“Ada Tiga faktor yang menjadi kendala bagi para petani, ketika menghadapi musim tanam tiba. Pertama faktor modal, Kedua faktor pangsa pasar dan yang Ketiga terkait kwalitas hasil panen,” ungkapnya.
Oleh karena itu, kata dia, pihak PT.MDB, menggandeng BUMN seperti BRI dan Bank Mandiri untuk menjawab keluhan akan permodalan. Terkait pangsa pasar pihak PT.MDB harus bisa membeli hasil panen dengan harga pasaran.
“Sedangkan terkait kwalitas hasil panen, kami akan menyediakan mesin pengering berkapasitas besar, sehingga jika panen raya tiba di musim “Rendengan” atau musim penghujan, gabah bisa dikeringkan dan bisa dijual dengan harga yang normal,” ujarnya.
Sementara itu, Camat Ligung, Yoyo menyambut baik kehadiran PT.MITRA Desa Bersama Ligung, yang terbentuk pada 25 April 2018 lalu dan sekaligus menjadi penyalur akan kebutuhan para KPM. Karena para penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dapat terlayani melalui Bumdes di desa masing-masing selaku kepanjang tanganan PT.MDB.
Sehingga, menurut dia, para penerima manfaat BPNT yang setiap bulan menerima bantuan sebesar Rp.110 ribu dapat menikmati sembako yang disediakan pihak PT.MDB.
“Selama ini para penerima manfaat dari BPNT di Kecamatan Ligung selalu terlayani dengan sempurna, hal ini dikarenakan kerjasama yang baik dari semua pihak,” jelasnya. (jja)
 


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format