Polda Jabar Luncurkan e-Dumas


0
Irwasum Polri Komjen Pol. Moechgiyarto [foto:nie]

BANDUNG,– Polda Jawa Barat meluncurkan posko dan aplikasi E-Dumas (pengaduan masyarakat online) terpadu, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (14/2).

Peresmian dipimpin Irwasum Polri Komjen Pol. Moechgiyarto didampingi Kapolda Jabar Irjen Pol. Rudy Sufahriadi dan Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Akhmad Wiyagus.

Hadir pada acara itu seluruh Itwasda se-Indonesia, Kapolrestabes Bandung, Kapolresta Bandung, Kapolresta Bogor, seluruh Kapolres di jajaran Polda Jabar dan Pejabat di Mapolda Jabar.

Irwasum Polri, Komjen Pol. Moechgiarto mengatakan, posko dan aplikasi E-Dumas atau pengaduan masyarakat online dibangun guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Khususnya terkait pengaduan masyarakat.

“Posko ini dibangun supaya betul-betul bisa menampung aspirasi masyarakat yang mempunyai permasalahan dalam prosesnya itu terjadi keterlambatan dan sebagainya, dia bisa melaporkan ke E-Dumas terpadu ini,” ungkap dia.

Ia menambahkan, pendirian posko dan aplikasi E-Dumas ini merupakan komitmen Kapolri Jendral Idham Azis dalam rangka menciptakan anggota kepolisian yang profesional.

“Beberapa program prioritas Kapolri yakni penguatan, pengawasan dan mempunyai tujuan bagaimana untuk mengurangi supaya tidak terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh anggota,” ujarnya.

Polda Jabar juga merupakan pilot project atau percontohan bagi Polda tipe A lainnya di Indonesia. Setelah sukses di Polda Jabar, Polda tipe A lainnya pun akan segera menyusul mendirikan posko dan melaunching aplikasi E-Dumas.

“Ya, ini yang pertama makanya saya katakan kita hadirkan Itwasda se-Indonesia supaya bisa mencontoh ini. Tapi saya prioritaskan dulu Polda tipe A yakni Jawa, Bali, Sulsel dan Sumut,” ungkap Moechgiarto.

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Rudy Sufahriadi menuturkan, diharapkan dengan adanya posko dan aplikasi E-Dumas dirinya dapat mengetahui secara langsung permasalahan yang ada di masyarakat. Mulai dari masyarakat di tingkat Polsek hingga Polres.

“Yang paling penting adalah saya selaku kapolda Jabar bisa cepat tahu apa keluhan masyarakat dari tingkat Polsek sampai Polres. Saya nanti bisa melihat di sini. Itu yang pertama,” tutur Rudy.

Selain memudahkan pengawasan, Rudy juga menambahkan, masyarakat diyakini akan lebih mudah dalam memberikan laporan atau aduan kepada Polisi melalui aplikasi E-Dumas. Laporan dan aduan masyarakat pun dinilainya akan lebih mudah direspon.

“Jadi masyarakat tidak perlu lapor lagi ke mana-mana, enggak perlu lagi. Jadi lapor ke E-Dumas semua bisa menampung dan satu tempat kita menyesuaikan di situ laporannya, kita akan tindak lanjuti. Mau ke mana laporannya, nanti akan kita pelajari,” pungkasnya. [nie/*]


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format