Ribuan Murid TK di Majalengka Mengikuti Peragaan Manasik Haji

1 min


554

Dejabar.id, Majalengka – Ribuan murid Taman TK dari berbagai Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Majalengka mengikuti peragaan manasik haji, pada Selasa (26/11/2019).

Lantunan “Labbaika allahumma labbaik” pun bergema di Lapangan GGM Majalengka, tempat berlangsungnya kegiatan tersebut.

Para murid TK itu dipandu oleh guru masing-masing mengikuti berbagai kegiatan manasik seperti tawaf, sa’i, mabit di muzdalifah, mabit di mina dan urutan lainnya.

Peragaan manasik haji untuk murid TK se-Kabupaten Majalengka tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Majalengka, Ahmad Suswanto.

Dalam sambutannya, Kadisdik Majalengka, Ahmad Suswanto menyebutkan, kegiatan peragaan manasik haji yang diikuti murid TK se-Majalengka tersebut, dalam rangka memperkenalkan secara dini rukun Islam ke-5.

“Itu merujuk ke pemahaman pendidikan tidak hanya mengajarkan anak untuk pintar di bidang sains dan teknologi, tetapi terutama juga pemahaman ibadah keagamaan dan akhlak,” ucapnya.

Sementara itu, peragaan manasik haji yang diikuti ribuan murid TK se-Kabupaten Majalengka tersebut dibagi atas dua gelombang.

Ketua Panitia Neneng Ucu Ismalia, didampingi Humas Panitia, Eti Rayati menyampaikan, sebanyak 8.190 anak TK dari 26 kecamatan yang terbagi ke dalam 89 kelompok terbang (Kloter) mengikuti peragaan manasik haji selama dua hari, Selasa-Rabu (26-27/11/2019).

“Untuk hari pertama ada 45 kloter dan untuk hari kedua ada 44 kloter yang mengikuti manasik haji tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai pembelajaran usia dini sekaligus menjadi edukasi bagi peserta didik.

“Disini anak-anak kita kenalkan dengan rukun Islam yang kelima sejak usia dini. Supaya mereka mengenal dan mampu memahaminya,” ungkapnya.

Dijelaska dia, peserta didiknya menggunakan pakaian layaknya jamaah haji di Mekkah serta mengikuti tahapan-tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji.

Anak-anak tersebut, kata dia, begitu antusias mengikuti latihan manasik haji yang dipandu secara langsung oleh tim pelatihan manasik haji IGTKI-PGRI Kabupaten Majalengka.

“Kami harapkan, kegiatan ini tetap berjalan setiap tahunnya, karena kegiatan ini sudah dimasukan ke dalam program IGTKI Majalengka,” (jja)


Like it? Share with your friends!

554

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *