Ribuan Warga Pamanukan Meriahkan Pawai HUT RI ke 74

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

dejabar.id, Subang – Ribuan warga masyarakat kecamatan Pamanukan turun kejalan memadati jalan kawasan pusat pertokoan dan jalan nasional di kawasan under Fly Over Pamanukan, Kamis (15/08/2019).

Ribuan warga Pamanukan rela berjubel dan berdesakan hingga ke pinggir jalan, hanya untuk menyaksikan pawai Alegoris dalam rangka HUT RI ke 74. Pawai yang diikuti berbagai kalangan ini, menampilkan bermacam-macam kesenian dan hasil bumi atau hasil pertanian serta aneka kostum unik.

Pawai yang berlangsung meriah tersebut, dengan menyajikan berbagai penampilan dari peserta yang mengikuti pawai alegoris ini, mampu membuat decak kagum penonton yang menyaksikan.

Selain itu juga ada berbagai macam kesenian khas dari sunda. Ditambah lagi masyarakat Pamanukan disuguhkan dengan beraneka ragam kendaraan hias, baik roda empat maupun roda dua dari 8 desa peserta pawai se-kecamatan Pamanukan.

Para peserta pawai alegoris menunjukkan kreativitas dengan berbagai kreasi dan keunikan, pawai khas Hari Kemerdekaan ini diikuti semua unsur tidak hanya masyarakat dari 8 desa melainkan perusahaan yang ada di Pamanukan juga ikut memeriahkan acara pawai Alegoris dalam rangka HUT RI ke 74.

Camat Pamanukan berharap supaya pawai alegoris dalam parayaan HUT Kemerdekaan RI kali ini, dapat meningkatkan persatuan bangsa, serta membentuk pribadi bangsa Indonesia yang berkarakter dan memiliki identitas Dimata internasional.

“Alhamdulillah pesertanya banyak, dan saya sangat apresiasi semangat warga Kecamatan Pamanukan dalam mengikuti pawai alegoris ini,” ucap Camat Pamanukan.

Dari tahun ke tahun, menurut camat, peserta pawai alegoris dalam rangka HUT RI semakin ramai dan diminati serta menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Pantura Subang.

“Kemeriahan pawai Alegoris ini merupakan bagian dari peringatan HUT RI ke 74 tahun dan kami dari pemerintah kecamatan bangga dengan kemeriahan ini. Terima kasih masyarakat Pamanukan,” ungkapnya.

Menurut Camat, penampilan peserta pawai dan hegemomi hadirnya ribuan masyarakat ini, merupakan salah satu wujud yang diwariskan para pejuang dimasa dahulunya, karena adanya semangat yang menggelora, baik dari peserta pawai maupun dari masyarakat yang menyaksikannya.

Camat menambahkan, semangat yang telah ada ini hendaknya jangan sampai surut. Mari kita sama-sama mewujudkan mengisi kemerdekaan, dan ikut serta dalam pembangunan di Kabupaten Subang khususnya kecamatan Pamanukan.

“Kita harus mengingat, kemerdekaan yang diraih para pejuang pada 74 tahun yang lalu, tidak mudah mencapainya, para pejuang dahulu mengorbankan harta dan nyawa dalam menghadapi penjajah. Maka dari itu Perjuangan mereka harus dihargai, dengan menjaga persatuan, semangat juang, kekompakan, serta membangun rasa kebersamaan sesama warga Pamanukan tercinta yang heterogen ini,” imbuhnya.

”Dengan digelarnya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih menggali kreativitasnya, dan lebih inovatif. Karena suksesnya pembangunan berawal dari peran aktif masyarakat,” harap Camat Rudi.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Camat Pamanukan Muhamad Rudi, Danramil Pamanukan Kapt Inf Asep Ruhiyat, Kapolsek Pamanukan Kompol Dadang Cahyadiawan, Asda III Ade Mulyawadi.(Ahy)

Related posts

Leave a Comment