Sejumlah Tokoh Tolak Wacana Pembentukan Provinsi Sunda


BANDUNG, – Sejumlah tokoh dan sesepuh Jawa Barat (Jabar) menilai Maklumat Sunda yang mewacanakan pendirian Provinsi Sunda Raya yang menggabungkan Jawa Barat, Jakarta, dan Banten hanyalah ilusi belaka.

Ketua Umum Paguyuban Pasundan Profesor Didi Turmudzi, mengatakan
fenomena kehidupan kemasyarakatan dan kebangsaan belakangan ini, cukup menimbulkan keprihatinan dan kehawatiran terhadap fondasi kebangsaan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Para Founding Father kita sejak awal proklamasi menyadari keragaman dan besarnya potensi perpecahan bangsa ini karena keberagaman etnis, agama, golongan dan kepentingan,” kata Prof Didi dalam pertemuan para tokoh Sunda dalam di Kantor Pusat Paguyuban Pasundan, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Sabtu (5/2).

Hadir dalam pertemuan itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Ketua Umum Paguyuban Pasundan Profesor Didi Turmudzi, anggota DPR RI TB Hasanudin, akademisi Asep Warlan, dan lain-lain.

Prof Didi mengatakan dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 terdapat nilai-nilai yang dapat mempersatukan keutuhan bangsa melalui sebuah ground norm (norma asas) bernama Pancasila dengan moto, Bhineka Tunggal Ika. 

Namun, kata dia, saat ini nilai-nilai dasar kehidupan bangsa tersebut, tercerai-berai dengan beragam alasan, kepentingan dan egoisme kelompok, sehingga memperkuat kembali munculnya etnosentrisme dan fundamentalisme agama yang menohok keutuhan bangsa ini. 

Menyikapi fenomena tersebut dan berlandaskan kesadaran untuk lebih memperkokoh kebersamaan, persatuan, toleransi, dan keutuhan bangsa, maka dengan ini kami menyatakan hal-hal sebagai berikut: 

Dirasa perlu memperkuat kembali silaturahmi antara tokoh-tokoh Sunda dalam membangun dan menjaga keutuhan Sunda dari personal-personal yang coba membuat polemik dan kontroversi yang mengancam toleransi dan disintegrasi.

Karena itu, perlu menjaga komitmen berbagai komponen masyarakat untuk bersatu dalam menguatkan nilai-nilai kesundaan, kebangsaan, dan keindonesiaan.

Bahwa Maklumat Sunda yang muncul belakangan ini, yang dilakukan sekelompok orang mengatasnamakan Sunda, sesungguhnya tidak merepresentasi keseluruhan masyarakat Sunda.

Dalam Orasi maklumat Sunda, ada yang menyampaikan terkait penggabungan tiga provinsi (Jabar, Jakarta, dan Banten) yang menjadi Provinsi Sunda Raya.

Orasi tersebut hanya ilusi dan romantika sejarah yang tidak berdasar karena dalam sejarah tidak ada yang namanya Sunda Raya.
Sedangkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah, dalam Pasal 23 ayat (3) disebutkan, dalam hal sidang DPOD menilai daerah tertentu tidak mampu menyelenggarakan otonomi daerah, DPOD merekomendasikan agar daerah tersebut dihapus dan digabungkan ke daerah lain.

Sehingga tidak ada dasar kuat untuk menggabungkan tiga provinsi menjadi satu. Sebab, ketiga provinsi yang diwacanakan akan di gabungkan saat ini masih mampu menjalankan otonomi daerah dengan baik. 

Harapan dan aspirasi masyarakat di Tatar Sunda yang riil dan rasional sesungguhnya bukan meminta otonomi khusus Provinsi Sunda Raya, melainkan meminta kepada pemerintah pusat untuk pemekaran kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat dan Banten yang akan berdampak bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Diperlukan sikap arif dan bijaksana dalam menyikapi gerakan dan manuver terkait oknum-oknum yang mengatasnamakan Islam seperti deklarasi NII di Garut, agar kepada masyarakat Sunda waspada terhadap fenomena tersebut.

Kepada para pemangku kepentingan untuk tidak menggeneralisir gerakan-gerakan tersebut dengan label agama Islam sehingga mengidentikkan Islam dengan radikal dan teroris.

Menolak berbagai bentuk manuver yang mengatasnamakan Sunda tanpa diawali dengan musyawarah dan kesepakatan bersama antar ormas kebangsaan dan kesundaan di wilayah ini yang berlandas pada nilai Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh. (nie/*)


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format