Sekilas Tentang Hari Toleransi Internasional


DEJABAR.ID –  Ada sejumlah peringatan hari-hari besar di dunia dan tepat pada hari ini, Jumat, 16 November 2018 adalah bertepatan dengan Hari Toleransi Internasional.

Tercetusnya hari besar ini mulai diperingati sejak tahun 1996. Saat itu Majelis Umum PBB mengundang negara-negara anggota PBB untuk mematuhi Hari Toleransi Internasional pada 16 November, seperti dikutip dari laman UN.org.

Pada hari ulang tahun ke-50 PBB, 16 November 1995, negara-negara anggota UNESCO mengadopsi sebuah Deklarasi Prinsip-Prinsip Toleransi, antara lain menegaskan bahwa toleransi ini adalah agar menciptakan kepedulian umat manusia di seluruh dunia.

Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus ketidakadilan, kekerasan, diskriminasi, dan marginalisasi di banyak negara. Padahal, keragaman agama, bahasa, budaya, dan etnis dunia kita bukanlah dalih untuk konflik, tapi sebagai pelengkap yang memperkaya seluruh umat manusia.

Adanha deklarasi ini dibuat sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi terhadap beragam budaya di dunia, dan sebagai bentuk ekspresi untuk saling menjalin hubungan baik antar sesama manusia. Selamat Hari Toleransi Internasional, semoga umat di seluruh dunia bisa Bersatu bukan Berseteru! (yga)