Press ESC to close

Selama 5 Tahun Pemkot Cirebon akan Perkuat Damkar, Satpol PP dan Satlinmas

  • March 12, 2019

DEJABAR.ID, CIREBON – Dalam lima tahun ke depan, Pemerintah Kota Cirebon akan berupaya untuk memperkuat Pemadam kebakaran, Satpol PP, dan Satlinmas di Kota Cirebon. Perkuatan ini diperlukan, karena mereka yang selama ini langsung bersentuhan dengan masyarakat.
Hal tersebut diungkapkan oleh Walikota Cirebon Nasrudin Azis usai menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 100 Pemadam Kebakaran, Satpol PP ke-69, dan Satlinmas ke 57 di Lapangan Pataraksa, Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (12/3/2019).
“Keterampilan dan pendekatan humanis diutamakan, karena mereka yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” jelasnya.
Meskipun begitu, Azis mengingatkan agar profesionalitas dan keterampilan masing-masing anggota ditingkatkan. Khusus untuk Satpol PP, diminta untuk melatih anggotanya dengan baik sehingga bisa melakukan penertiban di Kota Cirebon dengan lebih humanis.
Sedangkan untuk pemadam kebakaran, diminta untuk mengikuti pelatihan khusus. Sehingga ada minimal satu orang yang terlatih di masing-masing regu.
“Karena tugas pemadam kebakaran itu berat, terkait dengan nyawa. Sehingga harus mendapatkan pelatihan khusus,” tuturnya.
Sedangkan menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, Adam Nurudin, pemadam kebakaran Kota Cirebon saat ini sudah memiliki 7 armada. Dan rencananya bulan depan ditambah 2 armada lagi.
Adam melanjutkan, kekuatan personil mereka pun mencukupi, bahkan mereka mendapatkan juara dua dari segi kompetensi dan keterampilan pemadam kebakaran yang diikuti oleh pemadam kebakaran Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, kabupaten Indramayu dan Kabupaten Brebes.
“Kita mempunyai kekuatan personil yang cukup,” pungkasnya.(Jfr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *