Stabilkan Harga Komoditas Pangan, Bupati Subang Luncurkan TTIC


DEJABAR.ID, SUBANG-Dalam Rangka Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Subang tahun 2019, Bupati Subang Ruhimat melauching Toko Tani Indonesia Center Kabupaten Subang Menuju Subang Jawara (Jaya Istimewa Sejahtera) di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang, Selasa (19/03/2019).
Dalam sambutan Bupati Subang Ruhimat menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang yang telah membantu dan memfasilitasi 100 hari kerja bupati dan wakil bupati subang untuk mewujudkan jawara niaga melalui launching “Toko Tani Indonesia Center Kabupaten Subang”.
“Toko Tani Indonesia Center Subang ini sebagai salah satu upaya mewujudkan kedaulatan pangan dengan optimalisasi Program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PPUPM),” katanya.
Nantinya menurut Bupati Subang ini kegiatan yang dilakukan PPUPM antara lain menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis dan rantai distribusii pemasaran yang terintegrasi agar lebih efisien dengan harapan dapat mengatasi permasalahan fluktuasi harga komoditas pangan akibat tingginya disparitas harga antara produsen dan konsumen.
“Untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya melalui Toko Tani Indonesia (TTI) yang merupakan toko/warung /kios /pedagang komoditas pangan yang bermitra dengan lembaga usaha pangan masyarakat untuk menjual komoditas pangan hasil produksi petani sesuai harga yang wajar kepada konsumen dan pasokan dari mitra industri pangan,” ungkapnya.
Bupati berharap dengan adanya toko tani Indonesia center Kabupaten Subang harga komoditas pangan di Kabupaten Subang akan menjadi stabil yang pada akhirnya dapat mewujudkan masyarakat Subang yang jaya, istimewa dan sejahtera. Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Subang khususnya masyarakat disekitar toko tani indonesia center (TTIC) untuk berbelanja komoditas pangan di TTIC karena harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan toko lain.
Dilanjutkan dengan gunting pita peresmian Toko Tani Indonesia Center oleh Bupati Subang dan penyerahan penghargaan diantaranya :
1.Penyematan jaket diberikan kepada perwakilan petugas pemantau harga dan pasokan pangan
2.Penyerahan bantuan kepada kelompok berprestasi pengembangan usaha pangan masyarakat (LUPM) yakni kepada gapoktan subur makmur
3. Penyerahan bantuan kepada kelompok lumbung pangan masyarakat (LPM) yaitu kelompok tani Cinempo dusun cibeuying desa dawuan kidul kecamatan dawuan, kelompok tani tunas harapan I dusun cileutik desa situsari kecamatan dawuan, kelompok tani Sri Mulya Dusun Ketileng Desa Cilamaya hilir kecamatan Blanakan, kelompok tani Wana Harum Dusun Parapatan Desa Parapatan kecamatan Purwadadi, kelompok Mayangsari IV Kp.Cilulumpang Desa Mayang kecamatan cisalak.
4. Penyerahan bantuan kegiatan intervensi sistem kewaspadaan pangan dan gizi (SKPG) kepada
Desa mundusari kecamatan Pusakanagara, Desa Citrajaya Kecamatan Binong, Desa Kosar Kecamatan Cipeundeuy.
5. penyerahan bantuan kegiatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL) diwakili oleh kelompok wanita tani (KWT) Mutiara Sinar Mandiri desa dawuan kidu kecamatan dawuan.
Acara dihadiri unsur forkopimda Kab. Subang, Pj. Sekda Kabupaten Subang, Asda I, Para Kepala OPD, para Camat se-Kab. Subang, para Kepala desa se-Kabupaten Subang, Para ketua dan anggota kelompok tani serta sekdis dan para kabid, kasie, dan seluruh ASN dinas ketahanan pangan Kab. Subang.(Ahy)