Sulit Dapatkan Pekerjaan, Ratusan Warga Geruduk Pabrik Garmen di Patokbeusi Subang

Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

DEJABAR.ID, SUBANG – Angka pengangguran di Kabupaten Subang yang dianggap semakin masif membuat warga menggeruduk pabrik garmen agar mendapatkan pekerjaan di PT Matsuoka Industries Indonesia di Jl. Raya Dusun Kalisumber, Desa Ciberes, Kecamatan Patokbeusi, Subang, pagi sekitar pukul 08.15 WIB Jumat (5/7/2019).

Dalam aksinya puluhan masa itu mengelar aksi sambil membentangkan spanduk yang bertuliskan “Betapa sulitnya kerja dikampung sendiri” tulisan itu sebagai sindiran kepada pihak perusahaan.

Aksi damai itu mendapatkan pengawalan dari petugas mereka berjaga-jaga untuk antisipasi aksi warga yang menjurus anarkis.

“Kita minta kepada pihak perusahaan agar memproritaskan warga setempat untuk bekerja di pabrik dibanding dengan warga pendatang,” kata salah seorang pengunjuk rasa, Dadan kepada¬†DEJABAR.ID.

Setelah hampir selama satu jam berunjuk rasa, belum satupun pihak perusahaan yang bersedia menemui warga untuk melakukan perundingan. Aksi warga pun semakin merangsek ke pintu masuk gerbang pabrik.

Beruntung petugas satpam dan dibantu Polisi yang siaga sejak awal membantu dan menyampaikan keluhan warga kepihak perusahaan.

Akhirnya pihak perwakilan perusahaan pun menemui para pengunjuk rasa untuk mengajak perundingan. Hasilnya, pihak perusahaan akan menerima buruh warga setempat sesuai kriteria yang dibutuhkan pihak perusahaan.

Sebenarnya tidak sedikit warga setempat yang sudah bekerja di pabrik ini.

“Ya nanti kita seleksi semoga mereka memenuhi persyaratan dan bisa masuk kerja di pabrik,” kata Pihak perwakilan perusahaan, Frida.

Penerimaan buruh itu berdasarkan aturan atau sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dibuat pihak perusahaan, meskipun demikian semoga mereka khusunya warga setempat dapat masuk menjadi buruh pabrik.

“Mendengar pernyataan itu akhirnya ratusan warga membubarkan diri dan pulang kerumahnya masing-masing,” pungkasnya. (Ahy)

Related posts

Leave a Comment