Taliban Kuasai Afganistan, TB Hasanuddin Imbau Pemerintah RI Tak Buru-Buru Berikan Dukungan


JAKARTA, Dejabar.id – Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin meminta Pemerintah Indonesia agar tak tergesa-gesa memberikan dukungan kepada pemerintahan Taliban di Afganistan.

“Prioritas pertama indonesia sekarang sebaiknya segera melakukan evakuasi WNI yang ada di Afganistan,” kata politisi PDI Perjuangan ini dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (18/8).

Menurut Hasanuddin, memang benar Taliban sudah menguasai istana , tapi pertempuran di beberapa daerah masih terjadi antara pasukan Taliban dan pasukan pemerintah .

Sehingga, kata dia, pemerintahan baru Taliban sampai saat ini belum sepenuhnya terbentuk.

“Indonesia harus mengetahui dulu seperti apa sikap pemerintah yang baru ini terhadap hak azasi manusia dan sikap terhadap perdamaian dunia,” tegasnya.

Ia mengimbau agar pemerintah baru Afganistan harus mampu menjunjung tinggi perdamaian di negerinya dan menghormati seluruh warganya

“Setelah semua itu kondusif, barulah Indonesia menentukan sikapnya,” ungkapnya.

Hasanuddin mengatakan, informasi terakhir yang diterima saat ini KBRI di Kabul sedang melakukan perencanaan untuk mengevakuasi WNI untuk segera keluar dari Afganistan.

“Jumlah WNI di Afganistan jumlah nya hanya puluhan orang saja sudah termasuk personil KBRI,” pungkasnya.

Sebelum sampai Kabul, Taliban telah merebut sejumlah kota strategis di Afghanistan, seperti Herat, Kandahar, Jalalabad, Mizar-i-Shafr dan lainnya. Beberapa di antaranya direngkuh tanpa perlawanan.

Kelompok Taliban yang sudah menguasai ibu kota Afghanistan, Kabul dan menduduki Istana Kepresidenan mulai bicara soal susunan pemerintahan baru. (*)